in

Perkuat Kehumasan Bawaslu hingga Panwascam

EDUKASI: Suasana peningkatan kapasitas pengelolaan kehumasan, dokumentasi, dan informasi publikasi Bawaslu dan Panwascam se-
Kabupaten Solsel, kemarin.(IST)

Bagian Humas Bawaslu dan Panwascam di Kabupaten Solok Selatan mematangkan pengelolaan kehumasan, dokumentasi, dan informasi publikasi dalam rangka memastikan akses informasi yang baik bagi masyarakat terkait tugas dan kegiatan Bawaslu.

Ketua Bawaslu Solsel, Zul Nasri, menjelaskan bahwa upaya ini bertujuan untuk mencegah cap buruk terhadap Bawaslu dan Panwascam yang mungkin muncul jika informasi tidak tersedia dengan baik. Transparansi dan akuntabilitas Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu adalah tujuan utama dari program pengelolaan kehumasan ini.

Zul Nasri menegaskan pentingnya pengelolaan informasi, dokumentasi, dan pembuatan narasi berita yang baik untuk dipublikasikan dalam setiap kegiatan Bawaslu, bahkan hingga tingkat kecamatan.

Saat ini, berdasarkan data dari Komisi Informasi (KI), Bawaslu Kabupaten Solok Selatan menduduki peringkat ke-8 dalam hal keterbukaan informasi kepada publik di antara 19 Kota/Kabupaten di Solok Selatan. Oleh karena itu, upaya perbaikan dan peningkatan keterbukaan informasi menjadi prioritas.

Dalam upaya meningkatkan kapasitas pengelolaan kehumasan, dokumentasi, dan informasi publikasi, Bawaslu mengundang wartawan dari Padang Ekspres Solok Selatan, Arditono, dan wartawan Antara, Erik Ifansya Akbar, sebagai narasumber.

Mereka diminta memberikan wawasan dan panduan tentang bagaimana meningkatkan inovasi dalam menyajikan informasi di website dan media sosial Bawaslu dan Panwascam di Kabupaten Solok Selatan.

Zul Nasri berharap agar narasumber dari Padang Ekspres dan Antara dapat membantu Bawaslu menjadi lebih cermat dan inovatif dalam menyajikan berita yang singkat, padat, dan jelas untuk masyarakat, terutama dalam konteks tahun politik.

Selain itu, pengelolaan media sosial kecamatan dan kontennya juga ditingkatkan untuk memperluas sosialisasi program kegiatan Bawaslu kepada masyarakat.

“Bawaslu-Panwascam harus gencar dalam menyosialisasikan pemilu melalui media sosial, website, serta melalui sosialisasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait,” tambah Zul Nasri. (tno)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Indonesia Libas Brunei 6-0, Presiden Jokowi: Awal yang Baik

Polres Pasaman Simulasikan Pengamanan Pemilu 2024