in

Perusahaan Besarpun Berminat Untuk Membeli Facebook

Siapa sih yang tidak kenal dengan facebook? Jejaring sosial yang hingga saat ini masih banyak diminati oleh para penggunanya hingga bisa dibilang facebook merupakan jejaring sosial yang sukses. Ternyata Facebook telah menjadi incaran perusahaan-perusahaan besar untuk bisa memilikinya hingga akhirnya terjadi tawar menawar antara pemilik jejaring sosial Facebook ini yaitu Mark Zuckerberg dengan pemilik perusahaan-perusahaan yang ingin memboyong Facebook.

Tetapi saking sayangnya terhadap jejaring sosial yang dia bangun dengan kerja kerasnya akhirnya Mark Zuckerberg menolak semua tawaran tersebut meskipun dengan nilai yang tinggi. Mark Zuckerberg juga berniat untuk terus mempertahankannya dan tidak akan pernah menjualnya kepada siapapun. Berikut ini merupakan perusahaan-perusahaan yang pernah berniat untuk membelinya tetapi Mark Zuckerberg menolaknya :

Google

Hingga saat ini Google merupakan salah satu perusahaan paling sukses. Ternyata Google pernah berniat untuk membeli Facebook pada tahun 2004 saat Jejaring sosial facebook masih dirintis. Pada saat itu Google berniat untuk mengajukan facebook bergabung dengan Google, tetapi Mark menolaknya alasannya Mark ingin Facebook tersebut didirikan sendiri hingga akhirnya tidak ada kesepakatan apa-apa yang didapat Google.

Pada tahun 2007, Google kembali mencoba usahanya dengan menawarkan untuk membeli Facebook. Tetapi lagi-lagi karena niat yang sangat besar Mark dan juga timnya untuk mempertahankan dan membesarkan Facebook sendiri, Mark menolak dan Google kembali tidak menghasilkan apa-apa dari usaha membeli jejaring sosial tersebut.

My Spice

Setelah Google gagal mendapatkan jejaring sosial facebook tersebut setahun setelahnya yaitu pada tahun 2005 Crish Dewolfe sebagai pendiri Myspice mendatangi tempat Facebook untuk membeli Facebook. Waktu itu Mark membandrol harga Facebook kepada DeWolfe dengan harga sekitar 75 juta dolar. Tetapi DeWolfe menganggap harga tersebut terbilang cukup mahal untuk membeli jejaring sosial facebook tersebut hingga akhirnya DeWolfe pun menolaknya. Pada pertemuan kedua antara Mark dan DeWolfe kembali digelar dengan niat yang sama yaitu untuk membeli Facebook, akan tetapi Mark malah menaikan harga yang sangat tinggi yaitu sekitar 750 juta dolar kenaikan yang sangat besar. Akhirnya DeWolfe pun tidak sanggup untuk membayar semahal itu. Ternyata alasannya Mark menaikan harga secara drastis dikarenakan Mark memang tidak pernah berniat untuk menjual jejaring sosial kesayangannya tersebut.

ViaCom

Pada tahun yang sama dengan My Spice, viacom juga ternyata mempunyai niat yang sama untuk membeli Facebook. Viacom yang merupakan perusahaan yang mendirikan MTV mengajukan untuk bisa membeli Facebook dengan harga 75 juta dolar. Tetapi Mark menolak penawaran tersebut dengan alasan bahwa MTV tidak akan cocok berdampingan dengan Facebook. Viacom pun terus berusaha membujuk agar Mark menjualnya, hingga akhirnya Mark menyebutkan bahwa ada perusahan lain yang menawar Facebook miliknya dengan harga lebih dari 2 milyar dolar.

Akhirnya setelah dipikirkan Viacom kembali menawar Facebook dengan harga sebesar 1,2 milyar dolar, tetapi dengan uang 800 juta dolar dan Viacom berjanji untuk membayar sisanya kemudian. Kesepakatanpun hampir terjadi, hanya saja Mark meminta uang muka yang lebih akan tetapi Viacom tidak menyepakatinya karena Viacom berpikir hanya akan membuang-buang dana yang besar hanya untuk sekelas Facebook yang mana pada saat itu Facebook belum sangat terkenal. Hingga akhirnya kesepakatanpun batal.

Baca Juga: 4 Aplikasi Media Sosial Terbaru yang Terpopuler di Tahun 2016

Microsoft

Sekelas Microsoft pun ternyata pernah menawar Facebook pada tahun 2007 dengan membandrol harga yang sangat besar yaitu sebesar 15 milyar dolar. Steve berniat berani membeli Facebook dengan harga yang sangat mahal dengan alasan agar Facebook jauh dari rivalnya Google. Tetapi transaksinya tidak terjadi hanya saja Steve berhasil membeli beberapa saham yang ada di Facebook dengan harga 250 juta dolar.

What do you think?

Written by virgo

Kejati Jateng Selamatkan Rp 516 Miliar Uang Negara

Ada Suara Ayam ‘Menangis’ Sebelum Gempa Aceh