in

Pessel Diguncang Gempa Magnitudo 4,6, Getarannya Terasa hingga Padang

PADANG, METRO–Gempa bumi dengan Magnitudo(M)  4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Pesisir Selatan pada Minggu (27/11) pukul 18.37 WIB. Gempa bumi tersebut berlokasi di 1.56 LS, 100.08 BT, 60 kilometer Barat Daya Painan, Pesisir Selatan, Sumbar dengan kedalaman 35 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Dr Suaidi Ahadi mengatakan, jenis dan mekanisme gempa bumi ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat patahan lokal.

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Kota Padang Padang dan Pesisir Selatan II MMI (Gempa dirasakan oleh beberapa orang, dan benda benda ringan yang digantung bergoyang),” ungkap Suaidi melalui keterangan tertulis.

Menurut Suaidi, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempab umi tersebut. Hasil pemodelan me­nunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” ujarnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BM­KG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg. go.id atau inatews.bmkg. go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (*)

What do you think?

Written by virgo

Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, 28 November 2022

Menciptakan Profil Pelajar Pancasila Tanggung Jawab Bersama