in

PILKOMIT ONLINE

PEMILIHAN: SDN 66 Payakumbuh baru saja melakukan pemilihan komite sekolah yang dilaksanakan secara daring atau online.(IST)

PEMILU, pilpres, pilkada, pilkades, mungkin tidak asing lagi kita dengar. Nah, bagaimana dengan PILKOMIT? Mungkin hal yang baru di tengah-tengah masyarakat, namun bagi masyarakat yang memiliki anak usia sekolah, pilkomit merupakan sarana untuk orang tua untuk memilih kepengurusan komite sekolah.

Pilkomit merupakan singkatan dari Pemilihan Ketua Komite Sekolah. Komite Sekolah salah satu mitra kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah. Permendikbud nomor 75 tahun 2016 sebagai landasan hukum Pemilihan Komite Sekolah.

Pilkomit biasanya dilakukan secara langsung seperti halnya pemilihan umum dengan mencoblos surat suara, namun di SD Negeri 66 Payakumbuh, hal itu dilakukan secara daring karena cepat, tepat dan hemat sesuai dengan zaman sekarang yang serba online.

Gagasan ini awalnya muncul dari kepala sekolah yang biasa di panggil “Mas Kepsek”, kemudian disampaikan kepada majelis guru dan merespon dengan baik.

Mengingat kosongnya kepengurusan komite sekolah, pihak sekolah bergerak cepat dengan mengumpulkan perwakilan orangtua murid dengan mengundang ketua paguyuban kelas 1 sampai 6 serta pengurus komite periode sebelumnya.

Pada pertemuan ini disepakati bahwa Pilkomit peride 2022-2025 dilakukan secara online dan menentukan 5 orang balon pengurus komite. Pada tanggal 5-6 September 2022, dilakukan Pilkomit secara online.

Orangtua murid melakukan pemilihan pada link yang dikirim melalui WhatsApp Group (WAG) kelas masing-masing. Selama dua hari berselang, suara yang masuk hanya 57 dari 246 suara. Sesuai dengan aturan, pemilihan dihentikan jika sudah lebih dari setengah pemilik hak suara.

Pihak sekolah pun memperpanjang waktu pemilihan selama satu minggu. Pada tanggal 12 September 2022 suara yang masuk 133 dari 246 suara, ternyata sudah lebih dari setengah, akhirnya dihari yang sama diumumkan hasil Pilkomit SD Negei 66 Payakumbuh melalui media sosial Facebook Sekolah dan WAG kelas.

Dengan telah terpilihnya pengurus komite secara online, maka pada tanggal 6 Oktober 2022 Pengurus Komite SD Negeri 66 Payakumbuh periode 2022-2025 dilantik secara resmi oleh kepala sekolah yang disaksikan Kepala Dinas Pendidikan diwakili oleh Rahmadini, SE, M.Si dan Pengawas Pendidikan Dasar Marizon Neldi, S,Pd dan Erizal, S.Pd, unsur LPMP Kubu Tapak Rajo dan perwakilan oran tua murid dari paguyuban kelas. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ngamar Di Hotel, 10 Pasangan Terjaring Razia

Berdayakan Perempuan Rentan Ekonomi