in

Pj Gubernur Sumsel minta para camat-kades kawal program prioritas daerah

Palembang, Sumsel (ANTARA) – Pemprov Sumsel meminta para camat dan kepala desa di daerah itu mengawal optimal program prioritas daerah itu.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni saat menghadiri Rapat Koordinasi Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Sumatera Selatan 2024(PSCC Palembang, Jum’at (15/12/2023).

Program Prioritas yang dimaksud Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni adalah Pengendalian, Inflasi, Pencegahan  Stunting, Kemiskinan Ekstrim dan Sukseskan Pemilu/Pilkada Damai 2024.

Di hadapan 3.722 orang undangan yang hadir terdiri dari Camat, Lurah, Kepala Desa dan tamu undangan lainnya  Fatoni meminta agar semua pejabat dari tingkat Provinsi hingga desa untuk bisa menjadi orang tua asuh bagi anak – anak stunting yang berada di wilayah masing – masing agar penanganan stunting di Sumsel dapat diselesaikan dengan cepat.

“Rapat hari ini dilaksanakan karena peran Camat, Lurah dan Kepala Desa merupakan garda terdepan yang memahami keadaan masyarakat dan permasalahannya. Saya harap pejabat dapat menjadi orang tua asuh untuk menghadapi stunting agar penanganannya terarah dan tepat sasaran”, ucap Fatoni.

Terkait Kemiskinan Ekstrim, Fatoni meminta pemerintahan pada level desa terus bergerak dan lakukan upaya yang terukur agar ini dapat diselesaikan dengan terukur.

Dalam rangka pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024, ia berharap Sumsel terus dapat menjaga label Sumsel zero konflik agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan damai dan sukses.

“Saya juga berharap agar ASN, Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk bisa menjaga netralitas agar pelaksanaan pemilu damai dapat kita wujudkan di sumsel”, ungkapnya.

Sementara itu, Irjen Kemendagri, Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si terkait Inflasi ia memberikan beberapa saran dalam menghadapinya, diantaranya mengalokasikan anggaran yang cukup dalam rangka operasi pasar murah, melancarkan pasokan dan gerakan menanam.

“Kepala Daerah, Camat, Lurah dan Kepala Desa dapat menunjukan kemampuan terbaiknya dalam menjalankan pemerintahan yang dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat yang dipimpinnya” ujarnya.

Turut hadir Plh. Dirjend Bina Pemdes Kemendagri  La Ode Muhammad P Balombo, Para Bupati/Walikota, Para Camat, Para Lurah dan Para Kepala Desa Se Sumatera Selatan.

What do you think?

Written by Julliana Elora

KONI Pusat targetkan tambah jumlah atlet yang lolos ke Paris

Sukses Pertahankan Disertasi, Isabella Raih Gelar Doktor di Fisip Unsri