in

PKS Resmi Dukung Anies

KEPUTUSAN POLITIK: PKS resmi dukung Anies Baswedan sebagai Bacapres di Pemilu 2024 mendatang.(Salman Toyibi/JPG)

PKS meresmikan dukungannya untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) di Pemilu 2024. Kemarin (23/2), keputusan itu berdasarkan hasil Musyawarah Majelis Syuro (MMS) ke-8. Namun, soal calon wakil presiden (Cawapres) PKS belum menentukan nama.

Proses peresmian berlangsung semarak. Diawali penjemputan ke rumah Anies, kemudian diikuti jalan menggukan delman dan arak-arakan ke gedung PKS. Di tempat itu, Anies disambut jajaran pejabat teras partai. Anies pun dengan tegas menerima pinangan PKS.

“Kami merasa sangat terhormat untuk secara resmi menerima pencalonan sebagai calon presiden 2024 dari Partai Keadilan Sejahtera,” ujar mantan Gubernur DKI itu dengan senyum

Anies meyakini, upaya PKS untuk memberikan tiket pencalonan pada dirinya tidak mudah. Berbagai rayuan, tekanan, bahkan ancaman mungkin sudah dialami PKS sebelumnya. Karena itu, dia mengapresiasi kepercayaan tersebut.

Kerjasama dengan PKS, lanjut dia, bukan hal baru. Sebelumnya, juga telah terjalin baik sejak Pilkada DKI Jakarta pada 2017. “Kini kita memulai sebuah babak baru,” tegasnya.

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syikhu mengatakan, dukungan pada Anies didasarkan pada pertimbangan rasional. Dia menilai, Anies memenuhi tiga kriteria yang ditetapkan majelis syuro.

Yakni, berkarakter nasionalis religius, simbol perubahan, serta mempunyai kans menang. “Pembahasan mengerucut dan jatuh pada Anies Rasyid Baswedan,” ujarnya.

Adapun tentang posisi cawapres, Syaikhu tidak akan memaksakan kader PKS. Sesuai kesepakatan tim kecil, prosesnya akan dibicarakan bersama dan diberikan ruang pada Anies untuk memilih yang cocok. “Dengan siapa beliau bisa mencapai chemistry,” pungkasnya.

Di tempat lain kemarin, sebanyak 99 Kiai dari seluruh Jatim menggelar pertemuan bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Ponpes Progresif Bumi Sholawat, Sidoarjo.

“Hasil pertemuannya para kiai Jatim kompak mendukung Gus Muhaimin Iskandar untuk mencalonkan diri di Pilpres 2024,’’ ungkap KH Ahmad Fuad Nurhasan, dari Ponpes Sidogiri, Pasuruan, yang mendeklarasikan dukungan itu.

Dalam pertemuan itu, Muhaimin juga meminta bimbingan dan arahan kepada para kiai agar apa yang diikhtiarkan lancar. ‘’Berdasarkan survei berbagai lembaga, dukungan kepada PKB terus meningkat. Kalau tidak nomor tiga, ya nomor dua pada Pemilu 2024 mendatang,” katanya.

Ditanya soal koalisi PKB untuk mengusung pasangan capres-cawapres, lanjut dia, saat ini semakin mengkristal. Paling lambat sebelum Ramadan, koalisi akan ditetapkan. Baik pasangan maupun partai yang berkoalisi.

Sementara itu, nama Khofifah Indar Parawansa yang sudah santer dilirik capres sebagai cawapres, tampaknya kini semakin populer. Berkat kiprahnya di bidang politik, Gubernur Jatim itu masuk daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia (The World’s 500 Most Influential Muslims) 2023.

Ini kali ketiga nama Khofifah masuk dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh yang dirilis The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA). “Saya tidak pernah berharap, bermimpi dan menyangka bisa masuk. Apalagi disandingkan dengan sejumlah tokoh politik yang kiprah dan dedikasinya jauh melebihi saya,” katanya.

Menurut Khofifah, berkiprah di dunia politik bukanlah upaya untuk meraih penghargaan. Ada keinginan untuk mengabdi pada masyarakat. “Bahagia bisa menyapa masyarakat,” tambahnya.

Namun, dia berterima kasih atas pemberian penghargaan. Dia pun mohon didoakan untuk selalu istiqamah dalam menjaga amanah dan kepercayaan masyarakat. (far/uzi/zen/jpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

MK Minta Keterangan Pihak Terkait

Vonis 15 Tahun Penjara dan Pidana Tambahan Rp 41,9 Triliun