in

Polda Sumsel siapkan 1.213 personel amankan TPS pilkada 2020

Palembang (ANTARA) – Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiapkan 1.213 personel untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) pilkada serentak di tujuh kabupaten pada 9 Desember 2020.

Kesiapan personel tersebut terungkap pada apel kesiapan pengamanan TPS, simulasi dan pemberian materi tentang pengamanan TPS pilkada serentak yang dipimpin Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri S, di lapangan komplek perumahan dinas Polri Pakri Palembang, Kamis.

Menurut Kapolda, tidak terasa beberapa hari lagi tujuh daerah dari 17 kabupaten/kota Sumsel dan daerah lainnya di Tanah Air akan melaksanakan kegiatan memilih pemimpin yang akan duduk dalam posisi gubernur, bupati dan Wali kota.

“Polri mendapat amanah yang luar biasa dari negara serta masyarakat untuk melaksanakan tugas pengamanan dan menjaga agar pesta demokrasi secara serentak tersebut berjalan lancar dan tertib,” ujarnya.

Menghadapi tugas pengamanan pilkada di masa pandemi COVID-19, seluruh personel yang terlibat secara langsung di lapangan diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar terhindar dari virus corona jenis baru itu.

Selain mengecek kesehatan, kesiapan dan sikap tampang para personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS, sebelum diturunkan ke daerah yang menggelar pilkada pihaknya juga memberikan pembekalan tentang materi dan simulasi bagaimana tata cara pengamanan TPS.

“Saya mengingatkan untuk seluruh personel agar selalu mengikuti aturan dengan baik, para personel harus bisa menjaga situasi dan kondisi kamtibmas di TPS yang akan dijaga serta menguasai tempat pelaksanaan tugas dengan berkomunikasi, bekerja sama serta bertanggung jawab dengan baik,” ujar Kapolda.

Sementara Komisioner KPUD Sumsel Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Hendri Almawijaya mengatakan pihaknya berupaya mengawal persiapan protokol kesehatan 5.447 tempat pemungutan suara (TPS) di tujuh kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada 9 Desember.

Selain terciptanya kamtibmas kondusif, penerapan protokol kesehatan di TPS secara ketat merupakan kunci suksesnya pilkada di tengah pandemi COVID-19.

Protokol kesehatan antisipasi penyebaran COVID-19 seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak di area TPS perlu diterapkan secara ketat sehingga penyelenggara dan masyarakat yang menggunakan hak suaranya dalam pilkada tersebut bisa terhindar dari infeksi virus Corona.

Berdasarkan data pemilih tetap di tujuh kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada Serentak dari 17 kabupaten/kota di Sumsel terdaftar 1.832.660 orang yang memiliki hak suara.

Melalui dukungan pengamanan Polda Sumsel dan penerapan protokol kesehatan dengan baik diharapkan masyarakat yang datang ke TPS dan panitia pemungutan suara di tujuh kabupaten yakni Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musi Rawas (Mura), dan Kabupaten Musirawas Utara berjalan sukses, ujar Hendri.

 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Progres renovasi Stadion Madya Bumi Sriwijaya capai 60 persen

Marc Gasol akui berat tinggalkan Toronto Raptors