in

Polres OKU komitmen tindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan

Baturaja (ANTARA) – Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan akan menindak tegas setiap pelaku yang melakukan pembakaran hutan dan lahan karena dapat mengganggu kenyamanan masyarakat akibat polusi asap.

“Siapapun yang melakukan pembakaran lahan baik itu masyarakat ataupun pihak perusahaan tentunya akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku,” tegas Kapolres OKU AKBP Arif Harsono di Baturaja, Minggu.

Dia mengemukakan, memasuki musim kemarau tahun ini pihaknya memberikan perhatian serius dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten OKU.

Bentuk pencegahan yang dilakukan tersebut melalui tiga pilar yang saat ini sudah ada di tengah masyarakat yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparatur desa sebagai perpanjangan tangan dalam mensosialisasikan untuk mencegah karhutla.

Sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan pihaknya melalui pemasangan spanduk, bahkan dor to dor ke setiap rumah warga mengenai larangan membakar lahan agar tidak terjadi bencana kabut asap.

Bhabinkamtibmas di setiap polsek jajaran memasang spanduk tentang larangan karhutla di seluruh kecamatan agar masyarakat teredukasi tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pihak perusahaan di Kabupaten OKU agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan alasan apapun karena hal tersebut melanggar aturan.

“Kami terus menyampaikan imbauan dan mengedukasi masyarakat agar bersama-sama mencegah terjadinya karhutla dengan tidak membuka lahan pertanian ataupun perkebunan dengan cara dibakar,” katanya.

Bagi setiap pelaku yang sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan guna membuka lahan perkebunan atau dengan alasan apapun akan ditindak tegas sesuai aturan berlaku guna memberikan efek jera.

“Sanksi tegas ini tetap dilakukan secara humanis dilihat sejauh mana tujuan karhutla. Jika hanya membakar jerami padi, akan dipanggil untuk efek jera dan peringatan serta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulanginya lagi,” ujarnya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gregoria tampil buruk dan pupuskan harapan gelar BWF Super 500 perdana

Kemenag OKU siapkan keberangkatan 248 calon haji ke Tanah Suci