in

Program Pamsimas Dinilai Mubazir

Tak Berfungsi, Pipa dan Kabel Hilang

Masyarakat di tiga jorong, yakni Jorong Aurjaya 1, 2, dan 3 Nagari Kotopadang Kabupaten Dharmasraya mempertanyakan program Pamsimas yang ada di daerah itu. Pasalnya, setelah lama dibangun sebanyak enam unit semuanya tak berjalan maksimal.

Hartono, 46, warga Jorong Aurjaya 1 mengatakan, program tersebut saat ini memang terbilang mubazir. Sebab sama sekali tidak dapat difungsikan. “Ada enam unit. Setiap jorong ada dua unit. Satu pun tak ada yang berfungsi,” sebutnya.

Untuk itu dia berharap Pemkab Dharmasraya segera meninjau proyek ini sehingga program yang sangat dibutuhkan warga di tiga jorong tersebut bisa dimanfaatkan. “Bangunannya ada. Semua pipa sudah terpasang. Dulu bisa, tapi kini tidak lagi airnya. Pemerintahan harus melihat ini,” harapnya.

Yang terjadi kini, katanya, fasilitas Pamsimas justru sudah banyak yang dijarah oknum yang tidak bertanggungjawab. Barang-barang seperti pipa dan kabel-kabel banyak yang hilang. 

Sulaiman, 45, warga lainnya mengatakan, beberapa waktu lalu pernah melihat ada petugas yang memperbaiki unit Pamsimas di Jorong Aurjaya 2. Namun, sejak dua hari terakhir tidak terlihat lagi. 

“Semua peralatan dibiarkan terbengkalai. Takutnya diambil orang. Seperti mesin pompa, meteran dan lainnya,” ungkapnya.

Wali Nagari Kotopadang, Suparman Hadi mengatakan, pihaknya akan mengkaji hal itu. Dia mengakui mendapat informasi dari masyarakat, Pamsimas sudah tidak berfungsi.

Namun karena program tersebut bukan program di masa kepemimpinannya, dia mengatakan akan mempelajari lagi. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Dharmasraya, Junedi Yunus berjanji akan melihat proyek itu ke lapangan. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

33 Km Jalan ke Teluk Tapang Belum Beraspal

Amblas