in

PT MPG Mulai Operasikan PLTU Unit 3 Nagan Raya

NAGAN RAYA, PROHABA.CO- PT Meulaboh Power Generation (MPG) mulai mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit 3, di Gampong Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya.

Dengan beroperasinya Unit 3 ini PT MPG berhasil menyuplai arus listrik untuk wilayah Aceh dan Sumatera melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Penyambungan perdana Unit 3 ke jaringan listrik PLN itu berlangsung pada hari Minggu, (4/6/2023) sekira pukul 02.54 WIB dinihari.

Manager Operator PT MPG, Ridwan, menjelaskan pihaknya membangun dua unit generator yaitu 3 dan 4. Unit 3 yang telah beroperasi itu menghasilkan daya sebesar 230 MW. Sementara Unit 4 akan menghasilkan listrik sebesar 460 MW.

Sesuai dengan kontrak persyaratan PLN, PT MPG telah menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Baca juga: Polisi Tangkap Enam Penambang Emas Ilegal di Nagan Raya

Dan telah melewati berbagai sistem, peralatan, serta pembangunan fasilitas khusus jalur 275kV Nagan Raya-Sigli, hingga akhirnya telah menciptakan koneksi jaringan yang lancar dari PLTU unit 3.

“Mudah-mudahan dengan berdirinya pembangkit ini dapat memberi bermanfaat bagi masyarakat Aceh dan untuk Nagan Raya dan Aceh Barat khususnya”, ujarnya.

Ia menambahkan, selama proses penyambungan unit ke jaringan listrik, PLN diundang untuk melihat pengujian hingga pengaturan katup pengaman boiler, penghubung singkat generator, eksitasi tanpa beban, sinkronisasi palsu, dan lainnya.

“Alhamdulillah, data pengujian, kurva dan hasil dari PLTU Unit 3 ini semuanya memenuhi persyaratan, dan memiliki kondisi on-grid”, tutur Ridwan

Saat ini, parameter dan indikator PLTU Unit 3 bagus dan operasinya stabil. Pengujian yang relevan berjalan dengan tertib, dan telah mengambil langkah yang solid menuju tujuan komisioning.

Komisioning yang dimaksud dalam bahasa engineering adalah kegiatan pengujian untuk membuktikan bahwa struktur, sistem, dan komponen Instalasi terpasang yang dioperasikan dengan bahan tertentu serta memenuhi persyaratan dan kriteria desain. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Hari Hermawan Dinilai Tim Provinsi

Penerimaan Atlet SEA Games ke-32, di Halaman Depan Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, 5 Juni 2023