in

PT SP Ekspor Semen Curah ke Australia

Setelah sebelumnya merintis ekspor semen bag ke Australia, Jumat (25/8)  PT Semen Padang mulai mengeskpor 20.000 ton semen curah ke Australia. 

“Australia merupakan salah satu target ekspor Semen Padang, karena jumlah permintaan dari negara tersebut terus naik sedangkan produksi dalam negeri tetap. Saat ini kami mengekspor semen curah  OPC Type I CEM 52,5 N ke Australia,” kata Direktur Komersial Semen Padang Pudjo Suseno didampingi Kepala Departemen Distribusi & Transportasi Sumarsono, dan Kepala Biro Penjualan Luar Negeri Fifit Abriyanto.

Ekspor Semen Padang kali ini merupakan hasil kerja sama PT Semen Padang dengan PT Semen Indonesia International yang juga merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero), Tbk. “Dengan ekspor produk OPC Type I CEM 52,5 N ini, membuktikan bahwa PT Semen Padang mampu memproduksi semen sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” kata Pudjo seraya menambahkan potensi ekspor semen curah ke Australia sebanyak 40.000 ton per bulan.

Dengan telah berproduksinya pabrik Indarung VI yang menambah kapasitas Semen Padang menjadi 10,5 juta ton per tahun. Pudjo menambahkan, hingga  Juli 2017 total ekspor PT Semen Padang dalam bentuk semen sebanyak 415.698 ton dan klinker 266.876 ton dengan negara tujuan, Sri Lanka, Maldives, Bangladesh, Myanmar dan Australia.

“Selain negara-negara tersebut, ada sejumlah negara potensial untuk ekspor yang sedang digarap, yaitu kawasan Afrika,” ujarnya. 
Pada Februari 2017, PT Semen Padang telah memulai ekspor semen bag ke Australia yakni ke Sydney. Pada saat itu  dikirim semen OPC Type I CEM 52,5 N dengan kemasan kantong 20 kilogram. Ekspor ke Sydney ini masih berjalan hingga saat ini.

PT SP kembali melirik pasar ekspor setelah sempat terhenti pada 2006, lakukan pemetaan negara tujuan ekspor untuk melihat potensi pasar bekerja sama dengan PT. Semen Indonesia Internasional. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Daya Tampung hanya 80 Pedagang

278 Perawat Honorer Pertanyakan Nasib