in

Rajin ganti oli membuat mesin motor matic bekerjalebih halus

Jakarta (ANTARA) – Pakar Otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menyatakan bahwa rajin mengganti oli secara rutin dapat membuat mesin pada motor matic bekerja lebih halus, bertenaga dan mencegah kerusakan mesin.

“Motor matic membutuhkan dua jenis oli yang berbeda, yaitu oli mesin dan oli transmisi. Pergantian oli mesin secara berkala umumnya dilakukan setiap 2.000-3.000 kilometer, sedangkan untuk oli transmisi 8.000-10.000 kilometer,” kata Yannes di Jakarta, Kamis.

Yannes menuturkan oli mesin motor matic untuk penggunaan ringan biasanya memakai tingkat kekentalan yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan antara 10W-30, 10W-40. Sedangkan untuk penggunaan ekstrem sebaiknya gunakan oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi, misalnya 15W-40 atau 20W-50 untuk memberikan perlindungan ekstra pada mesin.

Walaupun demikian, penggantian oli diperlukan karena oli yang jernih dan kental amat dibutuhkan untuk melumasi mesin yang terus mengalami gesekan. Jika oli dibiarkan kotor maka akan muncul endapan yang bakal menyumbat saluran oli, sirkulasi dan mengganggu performa mesin.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Peninjauan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar, di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, 26 Juni 2024

Coki Anwar hilangkan kesankomedi demi film “Pusaka”