in

Rancang Robotik, SMPN 4 Gandeng UIN Bukittinggi

KREATIF: Salah seorang
siswa SMP Negeri 4
Padangpanjang
memperlihatkan robotik karyanya.(IST)

Guna mengembangkan inovasi pengembangan dan perancangan anatomi robotik, siswa dan siswi SMPN 4 Kota Padangpanjang menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotik Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Sabtu (19/11) kemarin.

“Adanya teknologi robotik memberikan pengaruh yang besar pada aktivitas manusia. Bahkan untuk semakin mengenalkan teknologi tersebut, beberapa negara memasukkan jurusan robotik di universitasnya, termasuk sekolah menengah pertamanya. Untuk itu kami juga memberikan pengetahuan tentang robotik ini kepada siswa kami agar mengetahuinya sedari tingkat SLTP ini,” ujar Kepala SMPN 4, Leli Suarni..

Ketua UKM Robotik, Khoirullah mengatakan kontruksi robot saat ini sudah memasuki babak baru yaitu dalam lingkungan SMP. Siswa SMP diharapkan sudah bisa membuat robot dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Tidak hanya itu, robotik juga bisa diartikan sebagai salah satu cabang teknologi modern yang mendesain, mengoperasi, mengonstruksi, membuat, sekaligus mengaplikasikan robot.

“Meski tidak mudah dilakukan, saat ini robotik menjadi salah satu bidang ilmu yang semakin banyak digemari, terutama anak-anak muda. Membuat robot, perlu mempelajari ilmu mekanika, elektronik, algoritma, mesin, serta software computer,” tuturnya.

Di tempat terpisah Ketua Umum Ikapetikom UIN Bukittinggi, Dodo Fernando menyampaikan, kegiatan ini adalah salah satu wacana dalam menumbuhkan semangat kreativitas dan semangat inovasi dengan perkembangan dunia teknologi saat ini.

Terkhusus untuk Padangpanjang, dalam penerapan Smart City salah satunya melalui bidang pendidikan yang dapat merangsang tumbuh kembangnya inovasi kreativitas perkembangan teknologi robotik ini.

“Mungkin juga harapan di waktu yang akan datang ada kompetisi robotik tingkat SMP sebagai penyemangat pengembangan robotik di kota ini,” ungkapnya. (wrd)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Meski Cabut BAP, Polisi Tegaskan Tak Hentikan Proses Hukum Irjen Teddy

Buka Munas HIMPI, Presiden Minta Pengusaha Bangun Kepercayaan