in

Rapat Periodik Kepsek se-Kecamatan Payakumbuh Timur, Majukan Pendidikan

BERSEMANGAT:
Para Kepsek se-
Kecamatan Payakumbuh Timur
terlihat serius mengikuti Rapat Periodik.(IST)

Memasuki tahun 2023 ini, tentunya setiap orang memiliki harapan terbaik. Begitu juga dengan para sekolah yang ada di Kecamatan Payakumbuh Timur. Di mana, meski telah berupaya memberikan yang terbaik untuk Kota Payakumbuh, tahun ini para pemimpin lembaga pendidikan tersebut berharap mutu pendidikan di Kota randang ini bisa lebih baik lagi.

Termasuk dengan memanfaatkan waktu efektif di sela kegiatan yang padat. Salah satunya dengan melaksanakan Rapat Periodik Perdana di awal semester dua tahun pelajaran 2022/2023 di SD Muchtar Islamic School Payakumbuh (18/1).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Tavril Samry, S.Pd bersama Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Nikmat Elva, M.Pd. Selain itu, juga dihadiri Pengawas SD Kota Payakumbuh Wandri, S.Pd, Erizal, S.Pd, Marizon Neldi, S.Pd dan Syarfionarita, S.Pd bersama dengan Pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) serta seluruh Kepala Sekolah se-Kecamatan Payakumbuh Timur.

Rapat periodik yang merupakan rapat secara berkala diadakan oleh unsur pimpinan di lingkungan kerja atau instansi pemerintahan terkait. Tujuan rapat ini membahas rencana atau agenda kedepan dari suatu instansi dalam memujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Dalam kegiatan tersebut Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Tavril Samry, S.Pd memberikan motivasi, pandangan dan semangat, untuk terus bergerak dalam menciptakan sekolah yang berkualitas dan murid yang berkarakter, serta berakhlak mulia berdasarkan wujud penerapan profil pelajar pancasila.

Sejalan dengan itu beliau juga berpesan untuk menciptakan sekolah yang mampu menggali setiap bakat, minat dan potensi murid sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimilikinya. Hal ini tidak terlepas dari bentuk perwujudan pendidikan yang berkarakter, berwawasan global dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Senada dengan hantaran kata Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Nikmat Elva, M.Pd selaku Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh menambahkan bahwa kepala sekolah merupakan motor utama.

Terutama dalam menggerakkan sekolah guna berkembang dan maju dalam menciptakan murid-murid berkualitas sejalan dengan tujuan sekolah penggerak dan program guru penggerak, yaitu bergerak, tergerak dan menggerakkan.

Beliau menitikberatkan peran kepala sekolah untuk mendorong sekolah berpatisipasi aktif dalam mewujudkan sekolah yang bergerak melaksanakan program sekolah. Dan juga mengikuti setiap program yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Pemerintah Kota Payakumbuh, dan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Salah satu keikutsertaan sekolah dalam mengikuti program tersebut yaitu mengikuti ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Program Lomba Penyaluran Bakat Minat Murid yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Selain itu penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka atau IKM yang disampaikan oleh Pengawas SD Kota Payakumbuh Syarfionarita, S.Pd menjelaskan bahwa penerapan kurikulum merdeka salah satunya tidak terlepas dari pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Pelaksanaan P5 di sekolah hendaknya betul-betul terlaksana secara optimal sesuai dengan sumber daya yang dimiliki sekolah. Hal ini dikarenakan P5 bagian dari kokurikuler pembelajaran yang merupakan perwujudan penerapan kurikulum merdeka dalam mengembangkan 6 dimensi profil pelajar pancasila seutuhnya.

Terwujudnya pelaksanaan P5 ini tidak terlepas dari kerjasama seluruh warga sekolah terutama guru (tenaga pendidik). Dan juga tenaga kependidikan yang saling terkait satu sama lain dalam menciptakan karakter atau perilaku murid berdasarkan 6 dimensi profil pelajar pancasila.

Pesan penting dalam rapat periodik ini ditujukan kepada kepala sekolah untuk mampu memberdayakan setiap sumber daya yang dimiliki sekolah, dalam menciptakan sekolah yang menarik dan menyenangkan bagi murid. Serta mampu menggali setiap bakat, minat dan potensi murid melalui program sekolah dan program dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Tahun ini. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tingkatkan Kompetensi dan Produktivitas Tenaga Kerja

7 Murid SD 04 Rawang Pariaman Dilarikan ke RS Aisyiyah, Diduga Keracunan Permen