in

Rencong dari YARA untuk Kapolres Untung

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) menyerahkan sebuah rencong ukuran besar kepada Kapolres Aceh Utara, AKBP Ahmad Untung Surianata atau Untung Sangaji di Mapolres Aceh Utara, Rabu (31/1/2018).

Rencong tersebut diterima langsung oleh Kapolres Untung didampingi Kabid Humas Polres Aceh utara.

Usai menyerahkan rencong tersebut, Ketua YARA Safaruddin mengatakan, penyerahan rencong tersebut sebagai bentuk dukungan YARA kepada Kapolres Untung yang dinilai tegas dan berani membina beberapa warga Aceh Utara yang berperilaku waria atau lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT).

“Rencong dalam kehidupan masyarakat Aceh sebagai lambang keberanian dan ketegasan,”katanya pada aceHTrend.

YARA menilai Kapolres Untung adalah sosok pemberani untuk itulah pihaknya menyerahkan rencong tersebut dan berharap agar semangat berani dan tegas tersebut terus bersemanyam dalam jiwa Kapolres Untung dalam menegakkan hukum dan memberantas prilaku LGBT di Aceh.

“Kami yakin dukungan ini bukan hanya dari kami,  tapi seluruh masyarakat Aceh sangat mendukung langkah kapolres, dan dukungan ini kami harap juga dari instansi kepolisian, baik dari Kapolri maupun Kapolda” tambah Safar. 

Pihaknya juga mendorong agar Pemerintah Aceh dan DPR Aceh mengusulan kepada Pemerintah Pusat untuk mengadopsi qanun jinayat sebagai regulasi nasional guna mengisi kekosongan hukum untuk menghukum perbuatan dan prilaku yang bertentangan dengan norma islam.

“Tentu saja regulasi tersebut hanya berlaku untuk umat Islam seperti di Aceh,” tutup Safar. 

Dalam penyerahan rencong tersebut,  safar di dampingi oleh Basri (Korwil I YARA), Muzakir (Kordinator Paralegal),Yudhistira Maulana (Direktur Hukum dan HAM)  dan Rizal Saputra (Paralegal).[]

Komentar

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lapan : Ayo, Saksikan Gerhana Bulan Langka! 

Usai Lawatan Lima Negara, Presiden Tiba di Tanah Air