in

Robert Lewandowski Sembilan Tahun Kejar Wlodek

Robert Lewandowski raja gol Polandia? Belum, dia belum jadi raja. Lewy –panggilan akrab Lewandowski – masih kalah satu bola dari bomber legendaris Polandia Wlodzimierz Lubanski. Lewy baru 47 gol, sementara Wlodek – sapaan Lubanski – mengoleksi 48 gol dari 75 caps-nya  di timnas Polandia.

Artinya, satu gol ke gawang Armenia di Vazgen Sargsyan Republican Stadium, Yerevan malam nanti WIB bisa jadi catatan penting baginya. Ya, Lewy bisa menyamai atau bahkan bisa melewati Wlodek sebagai top scorer sepanjang masa Bialo-czerwoni – julukan Polandia. “Tapi itu tak akan mudah di Yerevan,” sebut Lewy, dikutip Mediamax. 

Malam nanti WIB jadi kali pertama Lewy bermain di Yerevan. Pada pertemuan pertama, Lewy yang menentukan victory Polandia 2-1 di Warsawa, 12 Oktober 2016 lalu. Untuk mampu mengejar top scorer, Lewy membutuhkan 89 caps dalam sembilan tahun sejak dia mencatatkan caps pertamanya.

Wlodek, sekalipun membutuhkan waktu 17 tahun lamanya untuk mengumpulkan 48 gol itu, pria yang kini jadi vice chairman klub kasta ketiga Liga Polandia Polonia Warsaw itu lebih sedikti jumlah caps-nya untuk mencapai gol tersebut. Wlodek hanya butuh 75 caps. 

Dilansir Sportwe Fakty, Zbigniew Boniek sebagai legenda Polandia lainnya juga menilai kehebatan Lewy tak bisa dibandingkan dengan Wlodek. Lewy, klaimnya, tak sebanding dengan Wlodek. “Pada eranya, Wlodek bermain melawan Yugoslavia dan Uni Soviet. Sedangkan Lewy bisa melawan Armenia atau Gibraltar,” sindir Boniek. Maklum, dari 47 golnya tujuh gol di antaranya didapatkan bomber Bayern Muenchen tersebut dari melawan Gibraltar. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Inggris vs Slovenia: Akhiri Mimpi dalam 330 Hari

Boa tak Mau lagi Absen Lama