in

Rumah Dihantam Longsor setelah Gempa, Satu Keluarga Mengungsi di Sumbar

PADEK.JAWAPOS.COM-Enam penghuni rumah yang dihantam longsoran tebing sesaat setelah gempa bumi di Jorong Mudiak Liki, Nagari Kurai, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, terpaksa mengungsi, Sabtu (16/12/2023). Pasalnya, rumah milik Khalidin itu mengalami rusak berat dan tidak bisa lagi ditempati.

“Rumah yang tertimpa itu, merupakan rumah Khalidin dan istrinya, Indra Deswita, dua anaknya dan seorang anak kakaknya serta mertuanya. Enam orang penghuni rumah tersebut, sekarang tinggal sementara di rumah kakaknya yang tidak jauh dari rumah yang tertimpa longsor,” kata Wali Nagari Kurai, Kecamatan Suliki, Beni Eka Putra, Sabtu sore.

Usai longsor, masyarakat bersama BPBD Limapuluh Kota TNI dan Polri gotong-royong, membersihkan material longsor dan bangunan yang hancur akibat tertimpa longsor.

“Warga bersama BPBD, TNI dan Polri sudah melakukan pembersihan rumah korban,” terang Beni Eka Putra.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Limapuluh Kota, Rahmadinol mengatakan longsor yang menimpa rumah warga itu terjadi sesaat setelah gempa bumi.

“Longsor tebing menimpa rumah warga di kabupaten Limapuluh Kota. Menurut warga terjadi sesaat setelah gempa tadi,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Limapuluh Kota Rahmadinol di Grup WhatsApp BMKG dan Stakeholders Sumbar.

Setelah itu,  Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Limapuluh Kota menuju lokasi rumah yang tertimpa longsor untuk membantu penanganan darurat.

Sebelumnya, warga di sejumlah daerah di Sumbar merasakan guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,4 yang di-update jadi 5,2, Sabtu (16/12/2023) pukul 13.45.54 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyampaikan bahwa gempa tektonik tersebut terjadi di wilayah Pantai Timur Nias Selatan, Sumatera Utara yang dirasakan juga warga sejumlah daerah di Sumbar.(fdl)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tol Bangkinang-Koto Kampar Siap Fungsional Satu Jalur saat Libur Nataru

Bertemu PWI Sumbar, Fadly Amran Jawab Soal AMIN, NasDem hingga Pilkada Padang