in

Rute Tiongkok-Tanjungpinang Ajang Promosi Wisata Kepri

SAMBUTAN: President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan (tengah) menyampaikan telah dibukanya rute langsung Tiongkok-Tanjungpinang, Sabtu (17/12) lalu. F-ISTIMEWA/CITILINK INDONESIA

Citilink Gandeng Angkasa Pura II 

Tanjungpinang – President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan menyampaikan, pembukaan rute penerbangan langsung Tiongkok-Tanjungpinang (pp) adalah bentuk dukungan Citilink Indonesia terhadap programNawacita.

Karena, pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menempatkan pariwisata sebagai sektor unggulan yang harus terus didorong pertumbuhannya.

Selain itu, Albert melihat semakin tingginya antusiasme turis Tiongkok untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Oleh karena itu, Citilink membuka berbagai rute yang menghubungkan Tiongkok dengan berbagai kota di Indonesia.

”Antusiasme turis Tiongkok untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia terus menunjukkan peningkatan,” ujarnya saat acara konferensi pers penyambutan penerbangan perdana Tiongkok – Tanjungpinang di Tanjungpinang, Sabtu (17/12).

Ini dikatakan Albert menjadi kesempatan yang sangat baik untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia punya berbagai destinasi wisata yang menarik dan luar biasa indah.

Albert berharap dengan dibukanya rute penerbangan langsung Tiongkok – Tanjungpinang dapat membantu akselerasi pariwisata Kepulauan Riau sehingga destinasi wisata di Kepulauan Riau dan Tanjungpinang bisa dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Citilink Indonesia akan mendatangkan hampir 7.500 wisatawan asal Tiongkok ke Tanjungpinang dari Desember hingga Maret 2017. Adapun wisatawan ini di antaranya berasal dari Fuzhou, Wuhan, Guiyang, Changsa, dan Zhengzhou.

Selain Tanjungpinang, saat ini Citilink juga telah melayani beberapa rute penerbangan internasional lainnya dari Tiongkok dan Hong Kong menuju ke Denpasar dan juga Manado.
Dalam acara ini Citilink juga menggandeng PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

Angkasa Pura II mendukung melalui peningkatan fasilitas dan layanan di Bandara Raja Haji Fisabililah setara dengan bandara internasional lainnya di Indonesia.

”Kami mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang sehingga penerbangan charter internasional perdana ini terealisasi. Kami berharap penerbangan ini mampu menumbuhkan aktivitas-aktivitas ekonomi baru dan meningkatkan daya saing industri pariwisata di Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang,” kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Tanjungpinang sendiri merupakan salah satu daerah Free Trade Zone dimana investasi tengah tumbuh pesat dan menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara terbesar ke-3 di Provinsi Kepulauan Riau untuk kawasan wisata bahari dan golf.

”Kami juga mengapresiasi Kementerian Pariwisata atas segala support yang telah diberikan, khususnya Menteri Pariwisata yang selalu mendorong kami untuk berinovasi dalam memgembangkan rute-rute baru penerbangan di bandara-bandara AP II,” kata Muhammad Awaluddin.

”Dengan beroperasinya penerbangan charter internasional ke Tiongkok oleh Citilink Indonesia di Tanjungpinang, diharapkan semakin meningkatkan frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Langkah ini juga merupakan komitmen AP II dalam mendukung program strategis Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia” pungkas Muhammad Awaluddin menambahkan.

Sementara itu, Joni manajer marketing Bintan Agro Resort mengatakan, pelaku usaha di sektor pariwisata di Bintan sangat terbantu dengan adanya kunjungan wisatawan asal Tiongkok.

Karena, sekitar 165 turis Tiongkok menginap di hotel dan resort serta melancong ke objek wisata di Tanjungpinang dan Bintan.

”Dengan adanya turis Tiongkok, kami sangat terbantu,” ujar Joni, Selasa (20/12).

Joni menyebut, hotel di kawasan Bintan seperti Sahid Bintan, Bintan Agro, dan kawasan Lagoi antara lain Bintan Lagoon mendapat keuntungan dari kunjungan turis Tiongkok.

Sedangkan di Kota Tanjungpinang, seperti Hotel CK dan Aston Tanjungpinang. Joni menambahkan, turis Tiongkok saat ini mengunjungi Singapura. Di sana, mereka menginap selamam. Kemudian kata dia, besok (hari ini, red) kembali ke Bintan.

”Lusa baru kembali ke Tiongkok,” kata dia. (rpg/abh) 

What do you think?

Written by virgo

Uji vaksin Ebola sukses 100%

Tak Dianggarkan, Warga Gotong Royong Bangun Jembatan