in

Saat Motor Bisa Hampiri Pengemudi

Kendaraan roda dua tak mau ketinggalan mengikuti pacuan inovasi roda empat yang melesat. Dalam ajang yang sama, yakni Tokyo Motor Show 2017, pabrikan roda dua pentolan seperti Honda dan Yamaha unjuk gigi memamerkan teknologi masing-masing. Masih soal teknologi berkendara, unsur keselamatan menjadi perbaikan utama konsep kendaraan roda dua.

Honda mengenalkan proyek mereka yang diberi nama The Riding Assist-e. Teknologi tersebut meminimalkan kemungkinan pengemudi terjatuh dengan cara menjaga kestabilan motor dalam berbagai kondisi. Hal itu berkat sensor gyroscopes yang mampu membaca posisi dan titik berat suatu motor.

Dalam mengembangkan teknologi tersebut, divisi robotic Honda berkontribusi langsung untuk mendesain sensor gyroscopes yang dimaksud. ”Masalahnya selama ini untuk menjaga kestabilan suatu benda yang besar seperti motor, diperlukan gyroscopic device yang berat dan besar,” ujar Engineer sekaligus Desainer The Riding Assist-e Hiroyuki Nakata.

Namun, Honda membuktikan bahwa solusi untuk masalah tersebut sudah ditemukan. Alat gyroscopic pada The Riding Assist-e hanya seukuran lampu dan bisa diaplikasikan di atas roda depan. Saat fitur dimatikan, motor akan bereaksi layaknya motor normal di mana pengemudi harus menyeimbangkan secara manual. Namun, saat fitur pada posisi on, motor secara otomatis akan berada di posisi center. Bahkan mampu berjalan tanpa pengemudi sekali pun.

Honda menyebutkan, teknologi tersebut akan bermanfaat untuk semua kalangan pengemudi, khususnya masyarakat lanjut usia, pengemudi yang baru belajar, dan penyandang disabilitas. ”Visi kami, nanti teknologi ini dapat diaplikasikan pada sepeda motor besar maupun sepeda motor kecil untuk mobilitas sehari-hari,” kata Nakata. Teknologi gyroscopic tersebut juga dimiliki robot andalan Honda, yaitu ASIMO.

Sementara itu, Yamaha membawa konsep, Yamaha Motoroid. Motor tersebut mengedepankan teknologi sama, yaitu balance maintenance. Bedanya, Yamaha berencana menyematkan artificial intelligence (AI) yang mampu mengenali pengemudi, memahami perintah pengemudi, serta berjalan otomatis pada kecepatan rendah untuk menghampiri pengemudi. Yamaha Motoroid memiliki desain bodi yang langsing. Sistem penggeraknya mengunakan hub motor yang terletak pada roda belakang. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Wagub Minta Dewan Hakim Profesional

Hati-hati Umumkan Hasil Tes CPNS