in

SD Negeri 21 Payakumbuh, Banjir Prestasi di Awal 2023

Vivi Detika Hutria, S.Pd
(GURU SDN 21 AYAKUMBUH)

Mengawali semester I tahun 2023, sederet prestasi diukir murid SDN 21 Payakumbuh. Mulai dari berbagai bidang perlombaan di Kota Payakumbuh, dan juga di Kabupaten Limapuluh Kota, seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Kejurwil II Inkanas Sumbar, Kejuaraan Sepakbola di Surabaya, Kejuaraan Sepakbola di Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota, Solo Song di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kejuaraan Kungfu di Bukittinggi.

Pencapaian ini tentu sangat membanggakan bagi warga sekolah, walimurid dan dunia pendidikan di Kota Payakumbuh umumnya. Terkhusus, ini hasil dari ketekunan dan perjuangan para sang juara di SDN 21 Payakumbuh.

Seperti pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina yang diselenggarakan pada 21-26 Februari 2023 lalu saja misalnya, siswa SDN 21 Payakumbuh berhasil meraih juara dan terpilih mewakili Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina untuk O2SN Tingkat Kota Payakumbuh Juni mendatang.

Dari 8 cabang olahraga, berhasil dikantongi gelar juara yakni cabang atletik (juara 1), sepakbola (juara 1), sepak takraw (juara 1), bola voli (juara 1), renang Pi (juara 1) karate Pi (Juara 1 dan 2), karate Pa (peringkat 4 dan 5), pencak silat Pa Pi (juara 1). Meski tidak diikuti oleh cabang Bulutangkis yang masih belum maksimal hasilnya.

Kejuaraan Sepakbola di Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota, sebanyak 2 orang siswa SDN 21 Payakumbuh juga meraih juara 1 untuk kategori U-10, untuk solo song juga meraih juara 1 dan Kejurda Kungfu meraih juara 1 dan 2 di Bukittinggi.

Sungguh ini prestasi yang sangat membanggakan bagi sekolah, apalagi penulis juga sebagai guru olahraga di SDN 21 Payakumbuh. Dan terakhir lomba karate yang diselenggarakan Inkanas Sumbar pada Kejurwil 2 Inkanas Sumbar di IPDN Kampus Sumbar pada 25-26 Februari 2023, di mana atlet karate Dojo Gema Nusa SDN 21 berhasil meraih 10 emas 5 perak 8 perunggu.

Ini juga prestasi yang sangat membanggakan bagi penulis sebagai guru di SDN 21 Payakumbuh dengan mengukuhkan diri sebagai juara umum ketiga sekaligus sebagai Dojo pendatang baru terbaik di Sumbar. Juara bukan target bagi kami, tapi pengalamanlah yang lebih penting.

Pihak sekolah selalu mendukung setiap kegiatan atau perlombaan yang diikuti oleh siswa-siswi sekolah. Begitu juga Kepala Sekolah Hj. Amperawati, S.Pd yang selalu memberi banyak kesempatan kepada murid untuk berkompetisi. Ini akan membuat peluang bagi mereka untuk mendapatkan prestasi yang lebih besar lagi.

Pihak sekolah juga tidak pernah membebani para murid dengan target prestasi tinggi, hanya saja memotivasi mereka untuk terus berjuang secara maksimal. Juara bukan target utama, namun lebih pada menanamkan pengalaman berkompetisi pada mereka untuk memotivasi jiwa juang, sportifitas dan ketekunan mereka.

Untuk itu setiap ada kesempatan lomba, kompetisi besar maupun kecil, tak kami lewatkan. Peran orang tua murid juga penting dalam hal ini. Sebab tanpa dukungan mereka, maka sekolah juga tidak akan bisa berbuat banyak dalam melatih dan membina murid.

Setidaknya dalam proses pembinaan, akan membutuhkan waktu ekstrakurikuler lebih banyak di sekolah. Dan wali murid juga mengerti akan hal ini, karena itu mereka sangat mendukung. Kami seluruh warga SDN 21 Payakumbuh sama-sama berusaha mendidik dan membina anak-anak di SDN 21 Payakumbuh ini. (Vivi Detika Hutria, S.Pd, GURU SDN 21 AYAKUMBUH)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Paling Laris, Kelapa Muda Diburu Pembeli

Safari Ramadhan, Suhatri Bur Bicara Prestasi