in

Paling Laris, Kelapa Muda Diburu Pembeli

LARIS MANIS: Seorang pedagang kelapa di Lubukbasung sedang menunggu pembeli, kemarin.(IST)

Tak sedikit pedagang yang meraup rezeki saat di bulan Ramadhan, termasuk pedagang kelapa muda. Air kelapa muda biasanya dijadikan salah satu sajian berbuka puasa paling favorit karena kesegarannya.

Meski beragam menu berbuka puasa ditawarkan di pasar pabukoan kawasan Lubukbasung, kelapa muda seakan masih menjadi primadona. Pasalnya, jumlah penjual dan intensitas penjualan kelapa muda di sejumlah lapak mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat.

Setidaknya ada puluhan penjual kelapa muda yang tersebar di berbagai titik di Lubukbasung. Rido, 22, misalnya, ia menjadi salah seorang pedagang kelapa muda di kawasan Simpang Ampektangah.

Dirinya menyebut telah berjualan kelapa muda sejak hari pertama bulan puasa. Hingga kini, ratusan kelapa muda sudah laku terjual. Kendati laris manis, Rido khawatir soal stok kelapa muda di lapaknya.

Pasalnya, saat ini buah kelapa muda susah didapat. Stok buah kelapa muda yang dijual dilapak musimannya diperoleh dari petani sekitar yang dipesannya jauh sebelum Ramadhan. “Saat ini kelapa muda susah didapat, kalau pun ada harga dari pohon pun terbilang tinggi,” sebutnya.

Hal serupa juga diutarakan Nameh, 39, penjual kelapa muda di kawasan Padangbaru, Lubukbasung. Ia mengaku, menjual kelapa muda hanya saat bulan Ramadhan saja alias pedagang musiman.

“Saya jual kelapa muda ini bulan puasa saja, sudah lima tahun berturut-turut, sehari-hari saya bekerja ke sawah,” ujarnya di sela melayani pembeli. Dirinya mengaku menjual satu butir kelapa muda seharga Rp7 ribu. Biasanya, di saat Ramadhan ia bisa menjual 20-30 buah kelapa per hari.

Sementara itu Pipit, salah seorang pembeli mengaku, setiap hari selalu membeli kelapa muda. Dikatakan kelapa muda yang dibelinya akan dipergunakan kembali untuk bahan membuat takjil.

“Dalam sehari saya biasa beli tiga butir kelapa muda. Ini saya pergunakan untuk membuat es teler cake,” katanya. (ptr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Peninjauan Gudang Bulog Batangase di Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, 30 Maret 2023

SD Negeri 21 Payakumbuh, Banjir Prestasi di Awal 2023