in

SDS IT IPHI Kota Payakumbuh, Semarak Perayaan Hardiknas

MOMENTUM : Para guru dan murid SDS IT IPHI Kota Payakumbuh
melakukan upacara peringatan Hardiknas 2023 di halaman sekolah.(IST)

Hardiknas merupakan hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, sekaligus merupakan hari lahir Ki Hajar Dewantara yang dikenal luas sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Tujuan diadakannya perayaan Hardiknas adalah untuk menghargai peran pendidikan dalam pembangunan bangsa dan menginspirasi masyarakat untuk terus memperjuangkan serta meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Perayaan Hardiknas mencerminkan pentingnya pendidikan sebagai pondasi bagi kemajuan dan perkembangan individu, masyarakat, dan bangsa secara keseluruhan.

SDS IT IPHI Kota Payakumbuh sebagai salah satu sekolah yang selalu ingin memajukan dan mengembangkan pendidikan Nasional juga ikut memperingati perayaan Hardiknas dengan berbagai macam acara dengan tema “Memajukan Pendidikan Menyatukan Kebudayaan”. Acara dilaksanakan pada hari Selasa (2/3) dengan berbagai macam kegiatan untuk menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional.

Di pagi hari, peserta didik beserta guru-guru dan warga sekolah lainnya datang dengan ceria dan penuh kegembiraan. Peserta didik dan guru memakai pakaian daerah terbaik yang mereka punya dengan bangga dan rapi, di saat anak-anak bersenda gurau.

Ini karena bahagia bisa bertemu lagi dengan teman, setelah libur lebaran. Para guru juga dengan semangat menyiapkan pelaksanakan upacara bendera untuk peringatan Hardiknas yang semua pelaksana upacaranya adalah guru-guru SDS IT IPHI Kota Payakumbuh.

Setelah semua persiapan selesai acara dimulai dengan pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional yang juga di laksanakan diseluruh sekolah dan instansi-instansi pemerintah di Kota Payakumbuh.

Selain upacara bendera acara menyemarakkan Hardiknas ini juga diramaikan dengan berbagai macam lomba, yang dapat diikuti oleh semua peserta didik. Seperti lomba mewarnai bagi peserta didik kelas rendah, lomba ranking 1 bagi peserta didik kelas tinggi, lomba menulis surat untuk guru juga untuk kelas tinggi serta lomba penampilan pakaian daerah terbaik bagi seluruh peserta didik.

Setelah upacara memperingati Hardiknas dilaksanakan, maka anak-anak dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan lomba yang mereka ikuti seperti untuk lomba mewarnai dilaksanakan di pelataran Mushala SDS IT IPHI.

Untuk lomba ranking 1 dilaksanakan di pelataran kantor Kepala Sekolah, lomba menulis cerita untuk guru dilaksanakan di dalam kelas, sedangkan untuk lomba pemilihan penampilan baju daerah terbaik dilaksanakan di halaman sekolah SDS IT IPHI.

Setiap lomba didampingi oleh panitia lomba dan juga juri untuk kategori masing-masing lomba. Selama pelaksanaan perayaan Hardiknas, semua warga sekolah sangat antuasias dan bersemangat. Setiap acara dilalui dengan penuh kegembiraan.

Dan acara diakhiri dengan makan kue lebaran bersama peserta didik dan guru berhubung masih dalam suasana lebaran. Setiap anak membawa kue dan cemilan lebaran untuk dinikmati bersama teman dan guru.

Selama perayaan Hardiknas para peserta didik juga di ajak untuk menghargai proses belajar mengajar serta mengucapakan terima kasih kepada guru karena telah membimbing dan mengajar mereka sehingga maju dan berkembang.

Hardiknas bukan hanya sekedar perayaan tetapi juga menjadi momen refleksi diri untuk memajukan pendidikan Indonesia dengan memberikan pembelajaran yang berpihak kepada murid.

Semangat Hardiknas juga harus kita tanamkan dalam diri peserta didik bahwa pendidikan adalah kunci dari prestasi dalam mencapai masa depan yang lebih baik. Baik untuk diri sendiri, orang lain, masyarakat, bangsa dan Negara dengan motto “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. (guru SDS IT IPHI Payakumbuh)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade Kian Yakin Prabowo Menang Pilpres 2024

SDN 50 Payakumbuh: Semangat Hardiknas, Semarak Merdeka Belajar