in

Sejak Pagi Genangan Air Kepung Sejumlah Wilayah di Pekanbaru Riau

Air menggenang di Jalan Sudirman tepatnya di depan Kantor Gubernur Riau, saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Pekanbaru sejak Rabu (6/9/2023) pagi. (AFIAT ANANDA/RIAUPOS.CO)

PADEK.CO—Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru menyebabkan air tergenang hingga menutupi sejumlah ruas badan jalan. Akibatnya sejumlah wilayah dikepung genangan air, Rabu (6/9/2023) pagi hingga siang ini.

Adapun ruas jalan yang macet akibat genangan air antara lain di wilayah Jalan Arifin Ahmad, Jalan Darma Bhakti, wilayah Jalan Melur, Panam dan daerah lain di Kota Pekanbaru.

Sejumlah jalan arteri, gang dan pemukiman juga terendam air dengan ketinggian bervariasi. Kondisi ini menyebabkan pergerakan atau mobilitas warga kota pengguna jalan terganggu. Kemacetan kendaraan pun terjadi.

Genangan air terjadi dipicu tidak berfungsinya drainase. Akibatnya air justeru meluap ke badan jalan hingga ketinggian bervariasi mencapai 20 sentimeter.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru telah mengeluarkan peringatan dini kondisi cuaca hari ini. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang tetap akan melanda Pekanbaru mulai pada pukul 11:35 WIB.

Hampir semua wilayah Kota Pekanbaru diterpa hujan. Antara lain Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru Kota, Sail, Lima Puluh, Senapelan, Rumbai, Bukit Raya, Tampan, Marpoyan Damai, Tenayan Raya, Payung Sekaki dan Rumbai Pesisir.

Hujan juga menerpa wilayah Riau lainnya. Yakni di Kampar hujan terjadi di Kecamatan Bangkinang Kota, Kampar, Tambang, Kuok, Siak Hulu, Kampar Kiri Hilir, Tapung, Tapung Hilir, Tapung Hulu, Salo, Rumbio Jaya, Bangkinang, Perhentian Raja, Kampar Timur, Kampar Utara, Kampar Kiri Tengah dan Gunung Sahilan.

Sementara di Kabupaten Bengkalis hujan terjadi di Kecamatan Bukit Batu, Mandau, Siak Kecil, Pinggir, Bukit Batu, Pinggir dan Mandau.

Di Kabupaten Pelalawan, hujan menerpa wilayah Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Teluk Meranti dan Bandar Sei Kijang,

Hal yang sama terjadi di Kabupaten Rokan Hulu meliputi wilayah Kunto Darussalam, Rambah Samo, Tandun, Kabun, Bonai Darussalam, Pagaran Tapah Darussalam dan Kepenuhan Hulu.

Sedangkan di Kabupaten Siak, hujan terjadi di Siak Sri Indrapura, Sungai Apit, Minas, Tualang, Sungai Mandau, Dayun, Kerinci Kanan, Bunga Raya, Koto Gasib, Kandis, Lubuk Dalam, Sabak Auh, Mempura dan Pusako. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Upaya Pemkab Agam Lestarikan Adat Budaya Minangkabau, Festival Budaya 2023 Digelar

Abrasi Pantai Porak-porandakan 20 Makam Umat Muslim di Muara Sikabaluan Mentawai