Ogan Komering Ulu (ANTARA) – PT Semen Baturaja (SMBR) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, memfasilitasi pelatihan kemasan dan “branding” produk kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah itu.
Senior Manager Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR Gili Aprial Braja di Baturaja, OKU, Rabu mengatakan bahwa pelatihan itu digelar dalam upaya meningkatkan penjualan dan daya saing produk UMKM di wilayah itu.
Dia menjelaskan program ini merupakan bagian dari komitmen Semen Baturaja untuk mendukung pemberdayaan ekonomi lokal melalui Rumah BUMN Baturaja.
Kegiatan yang digelar di Hotel Kemuning Baturaja itu diikuti sebanyak 50 pelaku UMKM dari berbagai sektor binaan Rumah BUMN Baturaja dengan menghadirkan Founder Boesku Indonesia, Reza Apriandi sebagai narasumber.
“Reza Apriandi ini dikenal sebagai praktisi berpengalaman dalam pembimbingan UMKM untuk naik kelas yang memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya branding dan packaging dalam memperkuat daya saing produk di pasar,” katanya.
Gili berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi para peserta dan diharapkan pula materi yang disampaikan bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas serta daya saing produk UMKM di pasar yang semakin kompetitif.
“SMBR saat ini membina sedikitnya 261 pelaku UMKM yang bernaung di bawah binaan Rumah BUMN Baturaja. Ratusan pelaku usaha ini terbagi dalam beberapa kategori yaitu Go Digital, Go Online, dan UMKM Naik Kelas di mana 19 orang di antaranya sudah berhasil masuk ke kategori UMKM Naik Kelas,” ujarnya.