in

Semen Padang vs Madura United: Optimisme di Tangan Delfi

Mengembalikan mental dan kepercayaan diri pemain. Itulah kata yang beberapa kali disampaikan pelatih caretaker Semen Padang FC, Delfi Adri, jelang timnya menghadapi Madura United dalam lanjutan Liga 1/2017 di Stadion H Agus Salim, Padang, hari ini (Siaran langsung TV One pukul 18.30).

Menjalani sembilan laga tanpa kemenangan, tugas tidak mudah memang harus dijalani Delfi sebagai caretaker yang baru ditetapkan Rabu (4/10). Sebelumnya, Pelatih Kepala Semen Padang FC Nil Maizar dan jajaran manajemen PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) sepakat mengakhiri kerja sama.

Tanggung jawab berat itu disadari Delfi. Dengan waktu dua hari mempersiapkan tim jelang menjamu Madura United, eks penyerang Semen Padang FC era 90-an tersebut mengakui akan sulit baginya untuk melakukan perubahan secara menyeluruh terhadap gaya maupun pola permainan Kabau Sirah –julukan Semen Padang FC.

”Dalam sepakbola tidak mudah merubah taktik dalam satu atau dua hari. Hal itu sulit, sekarang yang bisa dilakukan hanya menyempurnakan yang ada, untuk mengubah taktik diperlukan latihan berulang supaya pakemnya dapat,” jelas Delfi.

Dijelaskannya, menghadapi Laskar Sape Kerrab -julukan Madura United- adalah laga berat. Apalagi tim asuhan Gomes de Oliviera itu tengah dalam tren positif, setelah di laga terakhir sukses menekuk Persipura Jayapura 1-0 di Stadion Mandala, Jayapura.

”Pertandingan besok malam (malam ini, red) merupakan pertandingan berat. Kami butuh dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Sumbar dan juga semua suporter. Dalam beberapa pertandingan terakhir prestasi tim cukup jelek karena tidak pernah menang (dalam sembilan laga). Ini pekerjaan rumah bagi kami,” ulas lelaki asal Payakumbuh itu.

Meski pada putaran pertama lalu, timnya sempat dikalahkan Madura United dengan skor telak 6-0, Delfi optimis Hengki Ardiles dkk akan mampu memetik poin penuh pada laga nanti. Menurutnya, hal utama yang mesti dilakukan timnya adalah membenahi mental dan mengangkat kembali kepercayaan diri pemain yang sempat down karena selalu gagal menang dalam sembilan laga sebelumnya.

”Sekarang yang paling penting adalah secara psikologisnya bisa dinaikkan lagi dan percaya diri kembali seperti semula. Di Madura kami kalah 6-0 tapi sebelumnya kami pernah menang juga di sana. Artinya di kandang dia saja kami juga bisa menang. Tentunya ketika bermain di markas sendiri kami optimistis bisa menang,” jelas Delfi.

Pada pertandingan nanti, Kabau Sirah dipastikan kehilangan pemain bertahan andalannya, Cassio Fransisco de Jessus karena akumulasi kartu. Namun demikian, pada pertandingan nanti Delfi sudah bisa kembali memainkan Irsyad Maulana dan Novan Setya Sasongko yang tidak diboyong dalam lawatannya ke Makassar Senin lalu karena alasan sama.

Ditanya terkait pemain yang kemungkinan mennggantikan posisi pemain asal Brasil itu, Delfi mengaku sudah mempersiapkan pemain lain untuk pos yang ditinggalkan Cassio. “Ya, kami tanpa Cassio. Tapi kami tim pelatih selalu percaya 100 persen dengan semua pemain di Semen Padang. Sebenarnya siapa yang paling siap saja diturunkan. Kemarin-kemarin mungkin Cassio yang paling siap dan karena sekarang Cassio absen kami akan mennurunkan pemain lain yang juga paling siap,” ujar Delfi tanpa menyebut secara spesifik nama pemain yang akan diturunkan untuk menggantikan posisi Cassio. 

Dari latihan terakhir Semen Padang, nama Novrianto sepertinya bakal dipercaya Delfi untuk berduet dengan Agung Prasetyo di jantung pertahanan Kabau Sirah. Optimisme juga coba diapungkan winger Semen Padang Riko Simanjuntak, pemain asal Pematang Siantar, Sumut itu mengaku setiap pemain siap memberikan penampilan terbaik untuk pertandingan nanti. Dia menyebut, hasil dari laga nanti akan krusial untuk menentukan langkah tim ke depannya.

Di sisi lain, Pelatih Madura United Gomes de Oliviera mengaku akan berusaha memaksimalkan situasi tidak menguntungkan yang tengah dihadapi calon lawannnya. Apalagi mereka memiliki modal positif, setelah sukses memetik kemenangan di dua laga tandang terakhir, yaitu menang 1-0 dari Persipura Jayapura dan sebelumnya mereka juga menekuk tim juru kunci Persegres Gresik United 3-0.

”Menghadapi Semen Padang kami harus berjuang lagi untuk mendapatkan poin penuh. Momentum yang ada sudah sangat baik, kami harus manfaatkan keadaan Semen Padang yang tidak begitu baik. Tapi kami harus bekerja keras dengan disiplin tinggi untuk dapatkan poin,” katanya.

Ditanya terkait keberadaan Delfi sebagai pelatih caretaker di tim Kabau Sirah setelah ditinggal Nil Maizar, pelatih asal Brasil itu mengaku cukup mengenal sosok Delfi dengan baik. Namun demikian, ia tidak terlalu yakin dengan waktu dua hari, mantan pelatih Semen Padang U-21 itu akan mampu melakukan banyak perubahan di tim. ”Dia belum ada waktu untuk perbaiki banyak meski dia asistennya Nilmaizar tapi waktunya sangat singkat untuk dia bawa perubahan,” terangnya.

Meski cukup optimistis mampu memetik kemenangan tandang ketiga secara beruntun. Namun, Gomes dipastikan tidak bisa menurunkan dua pemain andalannya, yaitu bek tengah Fachruddin dan gelandang asal Australia, Dane Milovanovic. Keduanya absen karena akumulasi kartu. Selain itu, Laskar Sape Kerrab juga belum bisa menurunkan marquee player-nya, Peter Odemwingie. Top scorer klub yang sudah mengoleksi 13 gol itu masih dalam proses penyembuhan cederanya. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Melihat Masjid Raya Ampang-UIN IB Mengkader Mubalig Muda

Akibat Bentrok Dua Fakutas Mahasiswa Unri Diliburkan