in

Separuh DPRD  Sijunjung Diprediksi Diisi Wajah Baru

SIJUNJUNG, METRO – Kursi DPRD Sijunjung diprediksi mengalami banyak perubahan. Hal itu dilihat dari data secara garis besar yang sudah diperoleh oleh peserta pemilu. Bahkan hal tersebut menjadi topik pembicaraan di tengah masyarakat.

Pasalnya, dari sebanyak 30 kursi anggota legislatif, diperkirakan separuh diantaranya akan diisi oleh pendatang baru. Artinya, 50 persen anggota DPRD yang duduk saat ini tidak lagi menduduki kursi di gedung megah dewan yang terletak di Kandang Baru, Kecamatan Sijunjung itu.

Selain disebabkan oleh jumlah perolehan suara, hal itu juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya, adanya anggota DPRD Kabupaten Sijunjung yang maju sebagai calon legislatif untuk DPRD tingkat provinsi. Kemudian adanya anggota DPRD yang duduk saat ini tidak lagi ikut sebagai peserta pileg.

Hal itu juga diungkapkan oleh Sekretaris Partai Gerindra Sijunjung, Anas Prabowo. Ia mengatakan, diperkirakan sebanyak empat orang calon legislatif dari Gerindra akan duduk di DPRD Sijunjung. “Kita prediksi setidaknya empat orang caleg dari Gerindra akan duduk di DPRD Kabupaten Sijunjung. Itu dari hasil suara yang telah kita peroleh, namun belum termasuk dari TPS yang mengadakan pemungutan suara ulang (PSU),” tutur Anas, Minggu (28/4).

Empat kursi tersebut, jelasnya berasal dari tiga Dapil. “Satu kursi dari Dapil 1, satu kursi dari Dapil II dan dua kursi dari Dapil III,” katanya.

Bahkan dari data yang telah diperolehnya, sebut Anas, pihaknya mengatakan optimis bahwa Gerindra yang akan menduduki kursi ketua DPRD Sijunjung, dalam artian sebagai partai pemenang. “Kita memperoleh suara sebanyak 16.320, itu data yang telah masuk hingga saat ini. Belum digabung dengan TPS yang melakukan PSU. Namun, hasil resminya akan kita tunggu berdasarkan pleno KPU nantinya,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, secara garis besar diperkirakan sebanyak 50 persen DPRD Sijunjung akan diisi oleh wajah baru.

“Kalau di prediksi 50 persen DPRD Sijunjung nanti akan diisi pendatang baru. Separuhnya lagi incumben,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsyah mengatakan belum mengetahui terkait hasil pemilu. Karena hasil tersebut akan dikeluarkan melalui pleno KPU yang akan digelar pada 30 mendatang. “Belum tahu saya hasilnya. Nanti pas pleno KPU tanggal 30 akan digelar secara resmi, baru kita tahu hasilnya,” tuturnya. (ndo)


What do you think?

Written by virgo

Kamu Harus Tahu , Punya Pasangan Yang lebih Tua dapat membuatmu semakin dewasa !

Pelawak jadi presiden, ini kata Evan Sanders