in

Setahun Ada 8 Ribu Pencaker di Pessel

Pekerjaan bukan hanya PNS

Sebagian besar masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan masih beranggapan pekerjaan yang baik itu adalah menjadi PNS.  Padahal pekerjaan lainnya juga bisa memberikan penghasilkan yang jauh lebih besar.

Untuk menciptakan angkatan kerja yang tangguh, profesional, dan memiliki daya saing, Pemkab Pessel melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) menggelar pelatihan keterampilan kerja.

Kepala Dinas Nakertrans Pessel, Sirdin Masrul mengatakan, peningkatan kualitas dan keterampilan bagi angkatan kerja perlu dilakukan. Sebab hanya dengan keterampilan, angkatan kerja produkti memiliki daya saing selain bisa membuka usaha sendiri. Realitanya, saat ini kecenderungan masyarakat bekerja di jalur nonformal, masih kalah dibanding jalur formal. 

Hal itu akibat cara pandangan masyarakat secara umum bahwa bekerja di jalur formal menjadi PNS masih dianggap sebuah keberhasilan. Padahal jika ditelaah lebih dalam lagi, bekerja pada jalur nonformal itu, jauh lebih baik jika dibarengi dengan keterampilan kerja yang profesional.

”Agar ini tercapai, Pemkab mesti membuat kebijakan-kebijakan dan terobosan yang bersifat riil. Tentunya melalui pola khusus terhadap generasi muda dengan berbagai bentuk keterampilan. Salah satunya pelatihan keterampilan kerja,” katanya.

Berkat kerja sama yang dilakukan Pemkab Pessel dengan BLKI Padang, tahun 2017 ini Pessel mendapat tujuh paket program pelatihan keterampilan kerja.
Seperti  pelatihan instalasi penerangan, administrasi perkantoran, otomotif sepeda motor, menjahit, las Smaw 3G, prosesing, dan operator mesin bubut.

Sedangkan tiga paket yang bersumber dari APBD kabupaten terdiri pula dari konstruksi atap baja ringan sebanyak dua paket, dan prosesing. Diperkirakan setiap tahunnya, angkatan kerja yang menamatkan sekolah baik SMA maupun perguruan tinggi tidak kurang dari 8 ribu orang di daerah itu.

Peningkatan jumlah pencari kerja itu persoalan sosial yang perlu dicarikan solusinya. Sebab tidak semua angkatan kerja  bisa bersaing di luar daerah mencari pekerjaan baru. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Bekali Mahasiswa dengan Keterampilan

Bedah Novel Cincin Kelopak Mawar Karya Firdaus Abie