in

Sheba cari advokat untuk restorasi terumbu karang

Jakarta (ANTARA) – Jenama makanan hewan peliharaan Sheba mencari advokat untuk berpartisipasi dalam merestorasi terumbu karang melalui Program Sheba Hope Advocate.

Melalui program itu, Sheba, bagian dari Mars, Incorporated, mencari lima advokat beruntung dari seluruh dunia untuk bekerja sama dengan tim restorasi terumbu karang terkemuka di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

“Para ilmuwan telah memperkirakan jika kita tidak melakukan apa-apa maka 90 persen terumbu karang tropis di dunia akan lenyap pada tahun 2043 – hal ini akan menjadi prospek yang sangat buruk, tidak hanya bagi ekosistem terumbu karang, tetapi juga bagi miliaran orang yang bergantung pada terumbu karang sebagai sumber bahan makanan, memperoleh pendapatan, dan perlindungan pesisir,” kata Kepala Ilmuwan Kelautan di Mars, Incorporated Profesor David Smith dalam siaran pers, Kamis.

Baca juga: Perempuan penyelam di Kupang bantu rehabilitasi terumbu karang

Smith mengatakan terumbu karang adalah jantung dari lautan yang kita miliki, begitu pula kegiatan Hope Reef lakukan sampai saat ini menunjukkan bahwa harapan itu masih ada.

“Upaya kami untuk memulihkan dan meregenerasi ekosistem yang berharga dari seluruh dunia ini menunjukkan hasil yang menggembirakan dan berdampak positif bagi masyarakat setempat. Kami berharap dapat menginspirasi orang lain dengan bantuan dari Sheba Hope Advocates,” kata Smith.

Sheba akan memilih satu orang advokat beruntung untuk menjadi perwakilan dari wilayah Asia Tenggara. Pendaftaran dibuka mulai dari hari ini hingga 2 Juni 2023 di laman resmi Sheba Hope Grows.

Selain lima advokat global, Program Sheba Hope Advocate juga akan diikuti oleh dua ilmuwan perempuan dari Indonesia, yaitu Rindah Talitha Vida dan Gita Alisa. Keduanya adalah seorang ilmuwan yang mendapatkan sponsor dari program itu untuk melakukan penelitian tentang restorasi terumbu karang di Makassar sebagai bagian dari tim peneliti internasional.

Baca juga: Pupuk Kaltim dukung pelestarian terumbu karang

Hope Reef ialah proyek restorasi terumbu karang pertama Sheba di Makassar pada 2021 lalu. Hope Reef merupakan bagian dari kampanye global Sheba Hope Grows, yang dibuat untuk mengembalikan keindahan lautan.

Sheba Hope Advocate menjadi kelanjutan dari upaya restorasi terumbu karang yang sukses di Indonesia dan menjadi penanda fase selanjutnya dari program restorasi terumbu karang terbesar di dunia.

Dalam dua tahun sejak restorasi Hope Reef dimulai, pertumbuhan terumbu karang telah mengalami peningkatan dari sebelumnya kurang dari 5 persen menjadi lebih dari 70 persen, selain itu populasi ikan pun telah meningkat hingga 300 persen.

Hingga saat ini, 900.000 fragmen terumbu karang telah ditanam dengan menggunakan 60.000 reef stars.

Baca juga: DLH: Kerusakan terumbu karang sebabkan abrasi di pesisir Natuna

Baca juga: Wisata selam di Sabang kembali geliat usai COVID-19 kondusif
 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2023

What do you think?

Written by Julliana Elora

Cerita sutradara buat dunia bawah laut film “The Little Mermaid”

Menpora Dito hadiri Alumni Connect PPI Dunia