in ,

Siswa Diajari Cuci Tangan yang Benar, lalu Diberi Susu dan Buah

HIDUP SEHAT: Sosialisasian mencuci tangan yang benar yang difasilitas Hima KM Unand dibimbing Dr Mery Ramadani di SLB Negeri 1 Padang, kemarin.(IST)

Menjalani pola hidup bersih dan sehat tidak selamanya berat. Mulailah dengan hal-hal kecil, seperti rajin mencuci tangan secara baik dan benar. Pembiasaan sejak kecil menjadi kunci, keberhasilan pola hidup sehat.

Inilah dilakukan Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unand dengan dosen Pembina Dr Mery Ramadani SKM MKM lewat program public health action. Dipusatkan di SLB Negeri 1 Padang Jalan Limaumanih, Padang, kegiatan ini difokuskan pada edukasi kesehatan mencuci tangan secara benar.

”Pengetahuan cara mencuci tangan secara benar ini perlu dilaksanakan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya dimulai sejak usia dini. Itulah sebabnya, divisi pengabdian masyarakat menyelenggarakan kegiatan public health action,” ujar Mery kepada Padang Ekspres dalam kegiatan diikuti 40 siswa itu, di Padang.

Menurut dia, inilah kali pertama Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Unand memilih objek pengabdiannya, yaitu siswa-siswi SLB Negeri 1 Padang. Di mana, materi cara mencuci tangan ini disampaikan Ketua Hima IKM KM FKM Unand, Abdul Hamid Hakim berbekal media edukasi berupa poster kesehatan dan penampilan jingle kesehatan.

”Kegiatan ini disambut antusias siswa sekolah dasar tersebut. Setelah praktik mencuci tangan barulah dilanjutkan dengan pemberian susu dan buah. Hal ini bentuk implementasi yang diajarkan Hima IKM KM FKM Unand kepada siswa-siswi SLB Negeri 1 Padang, yaitu sebelum menyentuh makanan kita harus mencuci tangan terlebih dahulu,” ujar dia.

Output dari kegiatan public health action ini, tambah dia, di antaranya siswa mampu mengetahui manfaat mencuci tangan. Sekaligus, mampu mencuci tangan secara benar dan menggunakan sabun. Pihaknya berharap, sosialisasi ini bisa dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pihak sekolah sendiri berencana terus menggalakkan program ini dengan selalu menampilkan video jingle cara mencuci tangan yang telah dibuat mahasiswa. Tidak hanya itu, pihak sekolah juga akan memperbanyak poster kesehatan. (k)

What do you think?

Written by Julliana Elora

12 Anggota DPRD Dilaporkan karena Dinilai tak Punya Itikad Baik Kembalikan Uang

Gamelan, Wayang dan Cerita Rakyat Diminati Sekolah di London