in

SMA Negeri 1 Sumbar, Tingkatkan Kapasitas Kepsek Lewat PKKS

GALI INFORMASI: Tim PKKS ketika mewawancarai sejumlah guru SMAN 1 Sumbar.(dok.SMA Negeri 1 Sumbar)

Keberhasilan suatu sekolah sangat ditentukan oleh peranan pimpinan sekolah. Karena itu, seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan dalam memenej setiap kebijakan yang ada di sekolah tersebut.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, setiap kepala sekolah diawasi kinerjanya oleh Dinas Pendidikan melalui pengawas. Ini untuk memastikan keberhasilan yang akan dibawa suatu sekolah ke depannya.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kapasitas kepala sekolah tersebut adalah Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS). Di mana ini merupakan agenda tahunan dengan tujuan untuk menilai dan mengevaluasi kinerja kepala sekolah di setiap satuan Pendidikan dalam mengelola sekolah.

Penilaian seorang kepala sekolah dilakukan oleh pengawas dengan menggali informasi dari berbagai pihak, di antaranya guru dan tenaga kependidikan, mitra kerja, komite sekolah juga peserta didik.

PKKS tahun ini untuk SMAN 1 Sumatera Barat dilaksanakan pada Senin, 6 November 2023 dan dipusatkan di labor biologi. Kepala cabang dinas pendidikan wilayah I, Willia Zueni, S.Pd, M.Pd hadiri pada kesempatan itu bersama tim penilai, Syamsul Anwar, S.Pd, MM dan Rini Lesmana, S.Pd, M.Pd yang merupakan koordinator pengawas dan pengawas Dinas Pendidikan Cabdin Wilayah I.

Serta beberapa pengurus komite juga termasuk yang dimintai keterangan dan masukan oleh pengawas. Dalam pemaparannya setelah rangkaian acara pembukaan, Surya Netti memaparkan program-program yang ada di SMAN 1 Sumatera Barat.

Baik yang sudah berlangsung, sedang dan akan dilaksanakan. Wanita yang akrab disapa Net juga mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak.

Syamsul Anwar memberikan sambutan dan teknis penilaian pada kesempatan itu. Beliau mengapresiasi kepala sekolah SMAN 1 Sumatera Barat dan jajarannya yang telah menuai kemajuan-kemajuan signifikan yang berhasil dicapai.

Pria yang akrab disapa An mengungkapkan bahwa yang dilakukan oleh kepala sekolah bukan lagi sekedar kemajuan, tapi sudah merupakan “lompatan besar”. Willia Zuemi saat diminta untuk memberikan sambutan dan membuka secara resmi acara PKKS juga mengapresiasi kinerja kepala sekolah.

Sehingga berhasil mendapatkan penghargaan berupa BOS prestasi terbesar di cabdin wilayah I untuk tahun 2023. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan dokumen setiap standar yang ada dalam standar nasional pendidikan dan berlangsung sampai azan Ashar berkumandang. (rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

SLB Negeri 1 Padang, Pembelajaran Berpusat ke Peserta Didik Yang Mengesankan

Maestro Adat Angku Yus Dt Parpatih Prihatin, Wisatawan ke Maninjau hanya Lihat Museum