in

Smartphone Anda Lag atau lemot? Simak Cara ini agar smartphone anda tetap nyaman digunakan.

Tidak bisa dipungkiri di jaman sekarang ini, kehadiran benda yang bernama smartphone sudah menjadi “teman” hidup kita. Kemanapun dan dimanapun terasa ada yang kurang jika tak membawa benda ini. 

Namun sayangnya, yang namanya benda tidak selamanya “sehat” seperti pertama kali anda membelinya, seiring anda menggunakannya perlahan akan terasa perbedaannya yaitu semakin kurang nyaman performanya alias lag atau lemot
Agar tetap terasa nyaman digunakan berikut ini beberapa cara agar smartphone anda tetap terasa seperti baru dan terhindar dari yang namanya lag atau lemot.
1. Jangan sembarang install aplikasi
Sering sekali ketika kita menjelajah aplikasi yang tersedia di google playstore atau di apple store, kita gampang tertarik untuk mengunduh dan memasangnya padahal aplikasi tersebut tidak terlalu penting untuk anda gunakan. Sebaiknya anda unduh dan install aplikasi yang benar-benar akan anda gunakan. Dan saran saya anda harus benar benar tahu dahulu fungsi dan kegunaan aplikasi yang hendak akan anda install
2. Hapus aplikasi tidak penting
Masih berkaitan dengan point yang pertama, setelah anda memasang berbagai macam aplikasi kadang anda lupa atau mengabaikan sudah berapa banyaknya aplikasi yang anda pasang, padahal sebenarnya tidak seluruh aplikasi yang ada di smartphone anda tersebut anda gunakan. Bahkan ada yang tak pernah anda buka sama sekali. 
Maka dari itu sortirlah aplikasi apa saja yang tidak anda gunakan, lalu uninstall atau copot pemasangannya. Maka smartphone anda akan jauh terasa lebih ringan saat di gunakan.
3. Aturlah aplikasi di smartphone anda
Setiap kali anda menjalankan aplikasi lalu anda menutupnya sebenarnya itu tidak benar benar tertutup dan langsung berhenti berjalan, aplikasi tersebut akan berada di daftar tugas dan berjalan di latar belakang. Semakin banyak aplikasi yang anda jalankan maka daftar tugas akan semakin banyak dan disinilah ram atau memori smartphone akan terus terisi akibatnya saat digunakan akan terasa lebih lambat dan bahkan terasa lag saat anda hendak membuka aplikasi lainnya. Untuk mengatasi hal ini maka aturlah aplikasi anda yaitu dengan cara berikut : 
a. Atur auto start aplikasi
Buka settings–>Power Manager–>background app management
Untuk lebih jelas lihat pada gambar di bawah

Tap power manager

Lalu tap background app management

Lalu cari dan sortirlah aplikasi mana saja yang akan ada atur sebagai auto start dan mana yang anda larang untuk auto start

b. Hapus recent app
Caranya yaitu tekan tombol home atau tombol switch app pada smartphone anda lalu tap bersihkan atau clear

c. Restart bila perlu
Cara ini ampuh jika anda sudah merasa smartphone anda panas dan lag
4. Clear cache
Clear cache adalah menghapus file sisa penggunaan aplikasi, jika anda tak pernah menghapusnya, cache ini akan semakin banyak dan dapat memenuhi memori internal smartphone anda hingga smartphone anda akan terasa sangat lambat/lemot saat di gunakan. Untuk clear cache berikut caranya :
Masuk ke settings–>storage–> cached data

tap lalu hapus pada bagian cached data

5. Lakukan factory reset
Cara terakhir ini sangat jitu sekali ketika anda sudah sangat kesal akan performa smartphone anda yang lemot dan lag saat digunakaan. Factory reset adalah mengembalikan pengaturan smartphone ke pabrikannya, ini berarti semua pengaturan, aplikasi dan data yang ada pada smartphone anda akan hilang dan terhapus. Saya sarankan sebelum melakukan cara ini anda harus mem-backup data penting anda terlebih dahulu bisa secara online dengan adanya google drive atau secara offline dengan melakukan transfer ke komputer atau smartphone yang lain, Setelah cara ini di lakukan smartphone akan terasa seperti baru kembali. Dan terakhir jangan lupa untuk restore data yang telah anda backup sebelumnya agar data penting anda kembali lagi dan bisa anda akses lagi. 

Itulah cara agar terhindar dari lemot dan lag pada smartphone anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih 

Source image cover : nextren.grid.id

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Golkar Deklarasikan Jangkar Bejo

Benarkah Orang Ini Sosok Dilan dan Milea yang Asli?