in

SMP Negeri 1 Payakumbuh, Jambore Nasional Ruang Pembentukan Karakter

BERI DUKUNGAN: Kepala Disdik Kota
Payakumbuh, Dr. Dasril S.Pd, M.Pd bersama dengan peserta jambore nasional asal Kota Rendang.(IST)

Jambore merupakan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pra
muka penggalang seluruh Indonesia. Sebagai sarana pembukaan untuk mengembangkan diri peserta di bidang mental, intelektual, spiritual, dan sosial. Di Jambore Nasional juga mengajarkan berbagai keterampilan kepramukaan dan mengajarkan cara bersosialisasi.

SMPN 1 Payakumbuh merupakan salah satu pengirim peserta terbanyak pada kontingen Payakumbuh di Jambore Nasional XI yang bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur. Para peserta Jambore Nasional kota Payakumbuh khususnya SMPN 1 Payakumbuh mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah kota Payakumbuh yang diwakili oleh Dr. Dasril, M.Pd, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Peserta Jambore Nasional yang terpilih dari SMPN 1 Payakumbuh terdiri dari 5 orang yaitu, Hasan Fikriy Fadhullah dari kelas IX.3, Miftahul Jannah dari kelas IX.3,Alaika Mulki Izzati kelas IX.10, Najwa Raisah Purwana kelas IX.2, dan Azzahwa Nayla Marfin kelas VII.1.

Pada tanggal 8 Agustus 2022, peserta Jambore SMPN 1 Payakumbuh melaksanakan pelepasan di lapangan SMPN 1 Payakumbuh, yang di lepas oleh bapak Defi Marlitra, M.Pd. Lalu pada Tanggal 10 Agustus 2022 pukul 08.00 WIB peserta juga dilepas oleh kakak Ka Kwarcap di Balai Kota Payakumbuh pada pukul 10.00 WIB, peserta jambore SMPN 1 Payakumbuh berangkat menggunakan bus NPM.

Selama perjalanan kami menghabiskan waktu 3 hari 2 malam. Setibanya kami di Buperta kami langsung menurunkan barang dan membawanya ke kapling perkemahan. Tanggal 12 dan 13 Agustus seluruh peserta Jamnas mendirikan tapak perkemahan dan menghias perkemahan.

Tanggal 14 Agustus kegiatan pertama seluruh peserta Jambore Nasional adalah Upacara Pembukaan sekaligus Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61. Jambore Nasional ini di resmikan oleh Ka Kwarnas yaitu Budi Waseso.

Di pertengahan upacara seluruh peserta jambore nasional menyaksikan pertunjukan dari Saka Dirgantara yaitu motor terbang hasil modifikasi yang membawa tulisan “Jambore Nasional ke-11 Tahun 2022” dan tulisan “Saka Dirgantara”.

Selesai upacara seluruh peserta Jamnas menyaksikan pertunjukkan seni dari daerah Jawa Tengah dilanjutkan dengan pertunjukkan Marching Band yang di bawakan oleh Akademi Militer. Seluruh peserta Jamnas menikmati pertunjukkan yang di tampilkan pada upacara pembukaan Jambore Nasional yang sangat spektakuler.

Selesai menyaksikan pertunjukkaan peserta Jamnas berfoto bersama Ka Kwarnas dan Audy Joinaldy, setelah itu para peserta Jamnas kembali ke tapak perkemahan. Kegiatan peserta selanjutnya adalah permainan persaudaraan, di sini para peserta menyorakkan yel-yel dan memainkan permainan yang menumbuhkan rasa silaturahmi.

Di sini awalnya peserta berkenalan dengan teman berbeda daerah dan tukaran badge. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 14.00 sampai 16.00 WIB di-subcamp 3. Malamnya pada pukul 19.00 sampai 22.00 WIB, ada acara malam selamat datang dan doa lintas agama, doa lintas agama ini menampilkan doa di seluruh agama di Indonesia, pada kegiatan ini para peserta dapat mengetahui berbagai macam doa dari berbagai agama lain.

Pada hari kedua tanggal 15 Agustus 2022 seluruh peserta Jambore Nasional mengikuti kegiatan petualangan air yang dilaksanakan di kolam renang Wira Kartika pada pukul 07.30 hingga 12.00 WIB. Di sana para peserta dibagi dua kegiatan yaitu water challenge dan water games, perwakilan SMPN 1 Payakumbuh mendapatkan water sport.

Dalam water sport kami diajarkan menyelam, scuba dan cara berenang. Selanjutnya kegiatan GDV (Global Defolament Village) pada kegiatan GDV seluruh peserta Jambore Nasional mendengarkan materi dari beberapa stand, salah satu stand yang menarik yaitu stand Save From Harm (SFH).

Di sini para peserta diberikan materi tentang bullying, kekerasan, pelecehan seksual dan eksploitasi anak. Peserta Jambore Nasional diberi kuis dan bagi yang bisa menjawab akan mendapatkan hadiah. Setelah itu para peserta jambore mempresentasikan materi yang disampaikan kepada peserta lain.

Pada saat kegiatan selesai peserta diberi souvenir dan snack dan dipersilahkan membuat pesan dan kesan saat melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di kampung GDV pada pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Malam harinya para peserta menyaksikan pentas seni dari berbagai daerah.

Pentas seni Sumatera Barat ditampilkan pada hari ini yang diwakilkan oleh kontingen Kota Solok. Penampilan dari Kota Solok dan dari daerah lain sangat menakjubkan dan sangat spektakuler. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 19.00 hingga 22.00 WIB di lapangan utama.

Pada tanggal 16 Agustus seluruh peserta Jambore Nasional melaksanakan wisata edukasi. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Kegiatan ini dirotasikan, regu Putri mendapatkan bagian edukasi di korps Brimob Polri. Di sini peserta diperlihatkan pameran senjata dan baju yang digunakan untuk perang.

Setelah itu peserta dilihatkan simulasi demo, tawuran antar pelajar serta cara mengatasi membubarkannya, para peserta sangat menikmati pertunjukan simulasinya. Pada pukul 12.00 seluruh peserta melanjutkan kegiatan wisata edukasi di Ocean Dream Ancol. Seluruh peserta diberi tiket untuk masuk dan seluruh peserta bebas memilih Wahana dan permainan yang ada di sana.

Setelah puas berkeliling Ancol seluruh peserta dikumpulkan di parkiran untuk kembali ke Buperta Cibubur. Pada malam, harinya pukul 19.00 sampai 22.00 WIB ada kegiatan pentas seni dari berbagai daerah. Pada 17 Agustus 2022, seluruh peserta Jambore mengikuti upacara peringatan kemerdekaan ke-77 pada pukul 08.00 WIB.

Sebagian peserta menggunakan pakaian adat daerahnya masing-masing, setelah upacara selesai para peserta melihat pertunjukan pameran pakaian adat daerah dari 34 provinsi. Di sini para peserta bisa melihat dan mengetahui pakaian adat dari daerah lain.

Setelah kegiatan ini, pada jam 13.30 WIB seluruh peserta mengikuti permainan kebangsaan yang dilaksanakan di subcamp 3. Permainannya meliputi tarik tambang, balap karung, kelereng, bakiak, dan enggrang. Pada perlombaan ini peserta SMPN 1 Payakumbuh memenangkan perlombaan tarik tambang dan balap karung sehingga membawa pulang hadiah ke camp.

Jumat tanggal 19 Agustus 2022, para peserta memakai baju Pramuka lengkap dan diarahkan ke lapangan utama untuk mengikuti kegiatan keterampilan kepramukaan, peserta mendapat bagian ekoprint di sana kami membuat batik dari daun.

Di tengah kegiatan presiden Indonesia yaitu bapak Joko Widodo datang untuk melihat situasi perkemahan. Salah satu peserta Jambore dari Payakumbuh mendapat kesempatan untuk berfoto dan berbincang sekilas dengan Jokowi dan ada salah satu peserta Jambore Nasional yang dapat mewawancarai Jokowi.

Sabtu tanggal 20 Agustus 2022 bentuk kegiatan pesta kuliner yang diikuti dari pukul 09.00 WIB. Setiap daerah menyiapkan 3 piring makanan daerah dan dipresentasikan, setiap peserta boleh mencicipi makanan dari daerah lain. Pada sore harinya seluruh peserta mengikuti upacara penutupan jambore nasional ke XI tahun 2022 di lapangan utama.

Selesai upacara dilanjutkan dengan penampilan dari kontingen Jawa Barat. Pada malam harinya bentuk kegiatan yang dilakukan adalah tebar bintang. Tebar bintang merupakan kegiatan yang menampilkan bakat dari peserta Jambore sekaligus menutup kegiatan Jambore Nasional ke XI tahun 2022 di bumi perkemahan Graha Wisata Pramuka Cibubur.

Demikian rangkaian kegiatan Jambore SMPN 1 Payakumbuh. Melalui kegiatan ini peserta dapat mengambil pelajaran dan memaknai arti kedisiplinan, ketertiban, bertanggung jawab, toleransi, mandiri dan masih banyak yang lainnya. Adik-adik yang berminat di Pramuka agar memperdalam ilmu kepramukaan agar bisa ikut Jambore Nasional ke XII tahun 2027 mendatang.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Marawa Digital Fest 2022, Pelaku UMKM Kreatif Ikuti Social Media Marketing

SD Pius Payakumbuh: Perkuat Kebhinekaan, Wujudkan Profil Pelajar Pancasila