in

Soto Legendaris Simpang GIA Kembali Hadir di Tong Susu Cafe Jl Hamka Padang

Tong Susu Cafe tempat yang asik dan ramah bagi pengunjung. Didesain dengan interior bernuansa klasik, dan alami.

PADEK.JAWAPOS.COM– Masakan khas Minang, soto nasi, memang kuliner yang tak lekang oleh panas, dan tidak lapuk oleh hujan. Selalu dapat dinikmati pada semua musim. Salah satunya yang legendaris adalah, Soto Simpang GIA.

Soto Simpang GIA memang legendaris di Kota Padang. Soto racikan turun-temurun dari buyutnya Zuraida Ilyas atau akrab disapa Tante Pupun ini, juga ada di Kota Bukittinggi, Kota Pekanbaru, Kota Duri, dan Kota Dumai.

Di Kota Padang, Soto Simpang GIA hadir di Tong Susu Cafe yang beralamat di Jalan Prof Hamka No 169. Lokasinya di pinggir jalan raya. Di depan SD Angkasa l  Bandara Tabing Sutan Sjahrir Padang. Atau di sebelah bekas Hotel Son and Son.

Tong Susu Cafe tempat yang asik dan ramah bagi pengunjung. Didesain dengan interior bernuansa klasik, dan alami. Ada stalagmit dari potongan kayu sebagai ornamen plafonnya. Banyak tumbuhan hijau dan kolam ikan koi, ditingkahi gemericik air dan lantunan lembut nyanyian Jepang.

“Kafe Tong Susu dimulai tahun 2016 lalu, kita membuat kafe mengikuti konsep dan tren terkini yang disukai oleh kaum muda saat ini. Setelah sekian waktu hadir dengan menu makanan dan minuman kekinian, akhirnya kami munculkan kembali Soto Simpang GIA, masakan dengan resep turun-temurun dari buyut,” ungkap Tante Pupun, sang owner kepada Padek.Co, Selasa (18/7/2023).

Yup, dikenal dengan nama Soto Simpang GIA itu sempat vakum beberapa tahun lamanya. Namun kini generasi ketiga dari Keluarga Besar Nanak, kembali menghidupkannya untuk mengenang masakan dari orang tua yang terdahulu.

Tante Pupun mengungkapkan masakan Soto yang tersedia kini, tetap dengan rasa seperti dahulu. Sebab dari dulunya, Ia memang turut serta membantu untuk meracik bumbu saat membantu ibunya berjualan soto.

“Dari sekolah lagi kita disuruh orang tua untuk membantu, mulai menyediakan bumbu sampai memasak, jadi gak terlupakan,” kenangnya.

“SOTO Simpang GIA ini sudah ada dari tahun 1963/1964 dari nenek kita, sekarang kita coba bangkitkan lagi, harga gak usah khawatir karena hanya Rp20-25 Ribu,” kata Tante Pupun.

Cafe Tong Susu selain menyajikan Soto Simpang GIA seperti soto daging dan soto ayam, juga menyediakan sop daging, sop ayam lengkap dengan kentang dan wortelnya.

Oiya, kenapa namanya Cafe Tong Susu, ternyata di sini juga ready aneka minuman olahan dari susu sapi murni, yakni Reguler Fresh Milk, Premium Fresh Milk, Milkshake, dan minuman lain seperti kopi dan teh.

Selain Soto Simpang GIA Legendaris, juga ada nasi goreng simagya, mie tek tek, mie rebus orchad, cc burger + french fries, dan chicken nugget.

“Silakan mampir ya, ajak kawan-kawannya, dan relasinya ya. Kita jamin semua harga terjangkau di kantong, karena hanya berkisar Rp10 Ribuan hingga Rp25 Ribu,” ujar Tante Pupun, sembari menginfo Cafe Tong Susu Jl Hamka Padang buka setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 22.00/23.00 WIB. (hsn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

HEBOH, Seorang Bayi Terlahir dengan Enam Kaki

Wellen Project, Supplier Kaos Polos Terbaik