in

STIKes Alifah Padang Wisuda ke XVII, Peringkat Baik Sekali Akreditasi BAN PT

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Alifah Padang menggelar Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Wisuda Diploma III Angkatan XIX, Strata I Angkatan XVII dan Profesi Angkatan XIV Tahun Akademik 2021/2022.

Kegiatan yang dilakukan Selasa (22/11) di Pangeran Beach Hotel ini diikuti 238 wisudawan dengan rincian Ahli Madya Kebidanan sebanyak 24 wisudawan, Profesi Ners sebanyak 18 wisudawan, Sarjana Kesehatan Masyarakat sebanyak 88 wisudawan dan Sarjana Keperawatan 108 wisudawan.

Ketua STIKes Alifah Padang Asmawati mengungkapkan STIKes Alifah selalu berkomitmen meningkatkan mutu perguruan tinggi dalam menjalankan Tri Darma PT. Sesuai visi STIKes Alifah Padang yakni ‘Menjadi Perguruan Tinggi Kesehatan yang Berkarakter, Unggul dan Berjiwa Enterpreneurship yang Mampu Bersaing secara Nasional Tahun 2030’.

“Saat ini STIKes Alifah Padang sudah terakreditasi BAN PT dengan peringkat Baik Sekali. Sedangkan untuk prodi dengan akreditasi Baik, ada D3 Kebidanan, Prodi Pendidikan Profesi Ners, Prodi S1 Kebidanan, Prodi Pendidikan Profesi Bidan. Serta Prodi Kesehatan Masyarakat dengan akreditasi Baik Sekali,” ungkap Asmawati.

Lebih lanjut Asmawati menjelaskan STIKes Alifah Padang sudah melakukan kerja sama di bidang kesehatan, mitra unit usaha, industri dan masyarakat lokal sebanyak 17 kerja sama, nasional 16 kerja sama dan internasional 2 kerja sama aktif.

“Saat ini STIKes Alifah Padang memiliki 1.376 mahasiswa aktif dan 3.080 alumni. Rata-rata alumni mendapatkan pekerjaan sekitar 3 bulan dengan angka kelulusan uji kompetensi bidan dan ners sebanyak 80%-98%,” lanjutnya.

Menggunakan kurikulum sesuai standar Nasional PT tahap implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahasiswa D3 STIKes Alifah Padang yang menjalani masa studi 3 tahun, lulus 100%. Bagi yang menempuh masa studi 4 tahun (S1) lulus sebanyak 98% serta masa studi 1 tahun (profesi) lulus sebanyak 99%.

STIKes Alifah Padang saat ini memiliki dosen (S2, S3) sebanyak 47 orang dengan peningkatan sarana dan prasarana hingga 80% serta biaya mutu yang juga terus meningkat hingga 80%.

“Kami ucapkan selamat atas keberhasilan wisudawan/wisudawati. Mudah-mudahan wisudawan dapat melaksanakan tugas nantinya dengan sebaik-baiknya serta berhasil mencapai cita-cita,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, Afdalisma berharap kepada pihak kampus agar membekali para wisudawan dan wisudawati untuk menghadapi dunia usaha dan kerja, serta menjamin untuk bisa mendapat pekerjaan.

“Perguruan tinggi bukan hanya mencetak lulusan, bukan hanya mencetak alumni, akan tetapi juga harus bisa memberikan garansi agar semua lulusannya bisa masuk ke dunia kerja karena sekarang lulusan sangat banyak. Jadi, mereka harus membekali lulusannya dengan keilmuan yang beragam. Agar setelah lulus nanti bisa langsung bekerja,” ujarnya.

Menurutnya, program dari Kementerian untuk membentuk program merdeka belajar, juga memberikan bekal agar para lulusan berpotensi dan tidak canggung lagi dalam dunia usaha dan kerja.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Alifah Nur Ikhlas Padang Fatmi Arma mengatakan STIKes Alifah Padang akan terus meningkatkan mutu pendidikan dengan meluluskan wisudawan yang berkualitas.

“Hal ini dilakukan dengan mendukung program yang ada, mengembangkan SDM, memberikan pelatihan-pelatihan serta mengembangkan sarana dan prasarana sesuai dengan prodi masing-masing,” imbuh Fatmi.

Lebih lanjut, Fatmi mengutarakan dukungannya dengan memberikan peluang pada para dosen dan staf yang ingin melanjutkan pendidikan. “Dari 49 dosen, semua sudah S2 dan 90 persennya dibiayai yayasan. Saat ini 10 di antaranya sedang menjalani pendidikan S3, 3 orang sudah selesai dan 7 lagi masih dalam proses. Kita harapkan tahun 2026 nanti, 30 persen dosen sudah bergelar doktor,” tukas dia. (cr7)

Ket foto:

Sambutan dari Ketua Yayasan Pendidikan Alifah Nur Ikhlas Padang Fatmi Arma

Sambutan dari Ketua STIKes Alifah Padang Asmawati

Sambutan dari Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Afdalisma

Peyerahan ijazah pada wisudawan STIKes Alifah Padang

Foto bersama Wisuda STIKes Alifah Padang

What do you think?

Written by Julliana Elora

Heboh, Seorang Kakek Tua Mengendalikan Angin Puting Beliung

Mengejar Percepatan Pembangunan di Sumbar