in

Studio Photography Ruang Kerja Photographer

Bagaimana cara photographer bekerja? Photographer bekerja dengan sangat mudah sekali dengan membawa kamera dan menempatkan diri untuk mempotret suatu objek bila dipikir pekerja ini sangat ringan dan mudah sekali, namun perlu Anda tahu pekerjaan ini diperlukan pelajaran dan pengalaman agar mendapatkan hasil foto yang bagus, indah dan bernilai seni. Cara kerja para photographer tidak hanya di tempat di mengambil foto tersebut. Photographer membutuhkan tempat khusus untuk berbagai kategori foto yang akan diambil seperti contohnya untuk memfoto model. Di butuhkan suatu ruangan khusus untuk memfoto objek tersebut. Ruangan tersebut lebih dikenal dengan studio photography atau studio foto.

studio-fotografi-ruang-kerja-fotografer

Anda sebagai pengusaha atau seorang penyuka hobi yang menggunakan kamera ini perlu mempunyai studio ini. Bila Anda cermati kebanyakan studio mempunyai tingkat kerumitan tersendiri dengan berbagai jenis peralatan yang membatu di studio tersebut. Sebetulnya Anda dapat membuat secara sederhana studio tersebut dan tidak perlu menggunakan lahan yang luas. Untuk lebih memperjelas, sebaiknya anda jelajahi dan kenali studio foto terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa peralatan di studio photography sederhana yang harus Anda lengkapi:

1. Main Light
Lengkapi studio photography Anda dengan sumber cahaya yang sering disebut dengan difusser sepeti softbox. Softbox ini berfungsi memperhalus cahaya dan bayangan yang dihasilkan diperkecil. Pengaturan dari ketinggian dan posisi softbox ini terhadap objek foto menjadi kunci kualitas cahaya pengambilan foto.

2. Backdrop
Backdrop adalah background pada foto Anda berupa gulungan kain. Tergantung dengan keinginan photographer untuk memberi background seperti apa. Untuk era sekarang lebih mudah karena backgroud tersebut dapat di ganti-ganti dengan berbagai background yang ada seperti alam, bangunan tua dan berbagai lainnya dengan menggunakan software untuk mengedit foto tersebut. Untuk hal tersebut diperlukan backdrop yang mempunyai warna blok agar mudah untuk mengedit. Pilihan kain beludru berwarna hitam sangat di anjurkan karena kain dan warna hitam ini dapat menyerap cahaya yang bagus.

3. Kamera
Tentu jika ingin memotret suatu objek Anda harus mempunyai kamera. Kamera yang digunakan saat ini di sarankan menggunakan kamera DSLR atau SLR untuk kamera di studio foto. Baca Juga: Teknik Dasar Kamera DSLR. Kamera Analog sekarang sudah jarang digunakan karena dengan kamera Analog ini Anda juga harus menyiapkan satu ruangan khusus untuk mencetak foto karena untuk mencetak foto dengan kamera analog dibutuhkan ruangan yang tidak boleh ada sinar matahari yang masuk. Kamera digital dipilih karena kepraktisan, kemudahan mempotret dan kemudahan untuk mencetak foto. Kamera digital hanya memasukan memori foto ke dalam komputer untuk di keluarkan dengan sprint.

4. Model
Setelah mempunyai kamera Anda harus mempunyai objek untuk difoto dalam studio photography Anda. Bisa berupa makhluk hidup sebagai model ataupun benda mati untuk dijadikan objek foto Anda.

advertisement


What do you think?

Written by virgo

Rumus Perkaliaan Menggunakan Jari Tangan

Era Fotografi