in

Sukseskan WIES 2023, BPPD Sumbar dan Negeri Sembilan Malaysia Kolaborasi Promosi Wisata

PADEK.CO-Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar menjalin kerja sama (MoU) dengan Negeri Sembilan Malaysia Tourism Board untuk promosi, peningkatan kapasitas dan iven.

Penandatangan kesepakatan kerja sama tersebut dilakukan Ketua BPPD Negeri Sembilan Mr M. Farhan dan Ketua BPPD Sumbar Sari Lenggogeni disaksikan Wakil Ketua Darmawi, di Negeri Sembilan, Selasa (20/6/2023).

Dalam kesempatan ini, Sari Lenggogeni juga menyerahkan booklet World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 yang akan digelar di Masjid Raya Sumbar pada September mendatang.

WIES diadakan Kemenparekraf berkolaborasi dengan BPPD Sumbar. WIES diharapkan dapat menjadi salah satu akselerator dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia.

Dalam pertemuan BPBD di Negeri Sembilan tersebut, Sari mengekspose sekaligus mengundang stakeholder dari negara bagian Malaysia itu untuk hadir pada WIES 2023 di Sumbar.

Sari menjelaskan bahwa Negeri Sembilan, Malaysia jadi mitra kerja sama karena memiliki populasi hampir 1.2 juta dengan lebih 50% adalah keturunan Minangkabau yang masuk pada abad ke-14.

“Minangkabau mengenalkan agama Islam, sistem politik dan adat perpatih. Hampir semua bangunan resmi disini mengacu pada Rumah Gadang,” jelas Sari Lenggogeni.

Diharapkannya kolaborasi tersebut akan memberi dampak positif untuk pariwisata Sumbar dan pariwisata Negeri Sembilan ke depa yang fokus pada Ecotourism, Desa Wisata, Creative Economics.

“Kerja sama ini berlaku lima tahun. Kita lakukan upaya yang tepat sasaran dengan Negeri Sembilan untuk membidik dan scaling up pasar Malaysia sebagai pasar terbesar Sumbar,” ujar Sari.

Selain Malaysia, Wakil Ketua BPPD Sumbar Darmawi yang juga Koordinator G2G WIES menyampaikan bahwa pihaknya mengundang stakeholder pariwisata dari Thailand dan Brunei. “Insyaallah Malaysia, Thailand dan Brunei akan join (ikut WIES),” kata Darmawi yang juga Ketua ASITA Sumbar.

Ketua BPPD Negeri Sembilan Farhan menyambut baik kerja sama antar-BPBD. “Apalagi, katanya Negeri Sembilan punya hubungan keturunan dengan Sumatera Barat,” ungkapnya.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ketua DPD RI Bertekad Lanjutkan Perjuangan Raja Denpasar IX Soal Sistem Bernegara

Sultan Ajak Korea Selatan Kolaborasi Majukan Pendidikan Vokasi Indonesia