in

Survei LSI: Prabowo-Gibran 35,9%, Ganjar-Mahfud 26,1%, AMIN 19,6%

JAKARTA, METRO–Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei elektabilitas 3 pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres cawapres. Survei menunjukkan Prabowo Su­bianto unggul 35,9% bila dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka.

Survei dilakukan pada 16-18 Okto­ber 2023 terhadap 1.229 responden. Survei dilakukan melalui telepon. Target populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah. Survei dilakukan setelah putusan MK soal capres dan cawapres di bawah usia 40 tahun boleh maju asalkan berpenga­laman sebagai kepala daerah.

Pemilihan sampel dilakukan mela­lui random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Survei dilakukan dengan wawancara telepon oleh pewawancara yang terla­tih. Tingkat populasi nasio­nal yang bisa dijangkau dengan telepon 83%. Margin of error ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

LSI dalam rilis surveinya, membuat tiga simulasi pasangan bakal capres dan cawapres. Dalam simulasi itu, Prabowo ungggul dengan siapapun dia dipa­sangkan.

Pada simulasi pertama, Prabowo yang dipasangkan dengan Gibran Rakabuming, unggul dengan elektabilitas mencapai 35,9 persen. Di posisi kedua ada Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 26,1 persen, lalu pasangan Anies-Cak Imin dengan 19,6 persen.

Prabowo juga meng­ungguli Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin dalam simulasi ia dipasangkan dengan Erick Thohir. Elektabilitas Prabowo bahkan lebih tinggi mencapai angka 39 persen. Kemudian, Ganjar-Mahfud di angka 37 persen, Anies-Cak Imin 19,2 persen.

Kemudian, dalam simulasi ketiga, Prabowo juga unggul jika dipasangkan dengan Khofifah Indar Pa­rawansa. Elektabilitas ke­duanya mencapai 35,8 persen unggul dari Ganjar-Mahfud di posisi kedua dengan 26,1 persen, dan Anies-Cak Imin 19,6 persen.

What do you think?

Written by virgo

Pelaku Jambret dan Curanmor Palembang Ditangkap Polrestabes Palembang

Resmikan Dua Rumah Sakit TNI, Presiden: Manfaatkan untuk Seluruh Lapisan Masyarakat