in

Susur Sungai di Delta Malvinas Bisa jadi Alternatif Wisata Baru

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, melihat Sungai Batang Kuranji di Delta Malvinas menyimpan potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata baru di Kota Padang. Karena lokasi ini ditumbuhi pepohonan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti kegiatan susur sungai.

“Hutan hijau dengan luas 24 hektare ini kita serahkan kepada BWS V dalam hal ini diwakili Pak Mulyadi. Berdasarkan koordinasi kita dengan Kota Padang dan provinsi. Ini saya rasa bisa kita jadikan objek wisata baru, karena tempatnya di dalam kota,” ungkap Nasrul Abit di sela-sela menghadiri kegiatan sekolah sungai, susur sungai, tebar bibit ikan dan tanam pohon di Delta Malvinas Siteba, Kota Padang, Selasa (9/6/2020).

Nasrul Abit melihat kawasan Delta Malvinas Siteba ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif karena lokasinya yang rindang dengan banyak pepohonan membuat kawasan ini dapat dijadikan sebagai tempat melepas penat. “Kita rindu dengan suasana pepohonan seperti ini. Mudah-mudahan kita bisa jaga kelestariannya,” jelasnya.

Wagub menjelaskan, kegiatan susur sungai merupakan salah satu upaya pemerintah melakukan pengawasan pengawasan terhadap sungai-sungai di daerah ini, dan memantau potensi ancaman dan bahaya yang bisa terjadi seperti banjir dan bencana lainnya.

“Kegiatan ini (susur sungai, red) telah dilaksanakan sebelumnya melibatkan TNI/Polri. Juga dilaksanakan di kabupaten/kota. Tapi terkendala biaya dan pemahaman yang sama terhadap susur sungai.

Pengalaman banjir bandang yang terjadi disebabkan penyumbatan di hulu sungai yang diakibatkan adanya penebangan liar. Kita sudah melakukan penyusuran sungai, tidak ditemukan penyumbatan dijalur sungai, ke hilirnya lancar semua berjalan aman,” papar Nasrul.

Wagub, mengapresiasi langkah-langkah strategis yang dilakukan Pemko Padang untuk membangun Kota Padang menjadi lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Padang Mahyeldi menegaskan, agar aset ini dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

“Kawasan ini nyaman, adem dan saya kira tidak ada daerah lain seperti ini di Kota Padang dengan kesejukan dengan pepohonannya,” ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi berharap ada dukungan dari Pemprov Sumbar terhadap kelanjutan program sisir sungai ini.

Kepala BWS V Padang, Mariadi mengatakan, upaya mempertahankan keberadaan, keberlanjutan pemanfaatan dan menjaga kelestarian sungai adalah amanat pokok Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya air. Upaya tersebut diwujudkan melalui operasi susur sungai.

Susur sungai katanya, merupakan kegiatan pengenalan sungai, melihat kondisi sungai, pembersihan sungai serta upaya pengenalan potensi sungai. Kegiatan susur sungai merupakan kegiatan tahunan rutinitas BWS V dalam pengelolaan sumber daya air dan potensi air di Sumatera Barat. “Kegiatan ini bertujuan untuk menggalakkan pemanfaatan potensi sungai, menjaga kelestarian sungai serta manfaat sumber daya air dan prasarana lainnya,” tuturnya.

Ditengah pandemi Covid-19 ini dia berharap keberadaan sungai dapat dimanfaatkan dengan baik salah satunya menjaganya dengan penanaman pohon. “Apabila kita menjaga alam, alam juga menjaga kita,” ujarnya. (rel)

The post Susur Sungai di Delta Malvinas Bisa jadi Alternatif Wisata Baru appeared first on Padek.co.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ribuan ABK Kapal Pesiar Dievakuasi

Simpan Potensi, Pantai Belibis Bisa jadi Destinasi Wisata Baru di Pariaman