in

Sutan Riska Dianugerahi BUKA Award, Pemkab Dharmasraya Raih Predikat Informatif

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan meraih penghargaan BUKA Award 2022 karena dinilai sebagai kepala daerah yang konsisten dalam menerapkan keterbukaan informasi publik. Selain itu, pemerintah daerah yang dipimpinnya juga mendapatkan predikat Informatif.

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (AKIP) 2022 di Truntum Hotel Padang, Senin (12/12/2022).

“Saya bersyukur atas anugerah ini. Semoga BUKA Award dan Sertifikat Pemkab Dharmasraya berpredikat Informatif menjadi inspirasi bagi semua badan publik untuk selalu terbuka sebagai komitmen kita pada UU Keterbukaan Informasi Publik,” ujar Sutan Riska usai menerima penghargaan.

Menurut Sutan Riska bagi Dharmasraya keterbukaan informasi publik bukan hal baru, bahkan Pemkab Dharmasraya menjadi nomor satu di Sumbar. Apalagi, dirinya juga pernah dinobatkan sebagai Tokoh Keterbukaan Informasi Publik dari KI Sumbar.

BUKA Award merupakan penghargaan yang diberikan sekali dalam empat tahun kepada pejabat atau tokoh publik yang konsisten dalam menerapkan keterbukaan informasi. Penghargaan itu diserahkan bertepatan di tahun akhir periode masa jabatan Komisi Informasi Sumbar.

“BUKA Award ini saya dedikasikan buat seluruh jajaran PPID Utama dan PPID Pelaksana di Pemkab Dharmasraya. Tanpa mereka saya tidak ada apa-apanya dan predikat informatif tanpa upaya sungguh-sungguh dari PPID Utama dan jajaran tidak akan tercapai. Terima kasih atas kerja keras PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi),” ujar Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Lebih lanjut disampaikan Sutan Riska bahwa keterbukaan informasi publik adalah pra-syarat penting terciptanya good governance. Maka, menerapkan keterbukaan informasi publik adalah keharusan bagi seluruh pemerintah daerah dan badan publik.

“Jadi anugerah dan prediket ini bukan  seremonial saja, tapi jadi momentum bagi pelaksanaan pemerintahan bersih dan transparan,” ujar Sutan Riska.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska bersama jajaran pejabat PPID usai menerima penghargaan AKIP 2022.

BUKA Award merupakan anugerah kolaborasi KI Sumbar dengan Perhimpunan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik atau dikenal dengan sebutan FJKIP Sumbar.

“Pak Sutan Riska masuk 18 nominator dan menjadi satu dari 12 tokoh badan publik di Sumbar dan di pusat yang memenuhi standar penilaian dari Tim BUKA Award 2022. Mulai dari tracking mesin pencari, menganalisa kebijakan dan terakhir penilaian makalah beliau langsung tentang niat, komitmen dan konsisitensinya tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujar Ketua FJKIP Sumbar Gusriyono.

Ketua KI Sumbar Nofal Wiska mengucapkan selamat kepada Ketua Umum APEKSI Sutan Riska dan para tokoh lainnya yang meraih anugerah BUKA Award.

“Sejak BUKA Award pertama dilakukan pada 2019 lalu hanya ada lima tokoh pimpinan badan publik. Tahun ini menjelang akhir periode KI Sumbar 2019-2023 ada 12 penerimanya, termasuk Pak Sutan Risk. Atas nama KI dan pribadi saya ucapakan selamat. Karena Dharmasraya selama dipimpin Pak Sutan Riska termasuk kabupaten yang komit dengan keterbukaan informasi publik, ” ujar Nofal Siska.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Benarkah Guru Penentu Keberhasilan Pendidikan di Indonesia?

Soal Audit Gedung Serbaguna, Kades dan Inspektorat Beda Persepsi