in

Sutanto: Uang Rp 100 Juta Bentuk Ungkapan Terima Kasih

Direktur Utama CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan istrinya Memi mengaku memberi uang Rp 100 juta kepada mantan Ketua DPD Irman Gusman.

Sutanto mengatakan, pemberian uang itu sebagai ungkapan terima kasih karena Irman telah menelepon Bulog agar menambah kuota distribusi gula impor untuk Sumbar 2016.

”Awalnya mungkin itu inisiatif kami sebagai ucapan terima kasih. Saya tanya (istri), Pak Irman sudah dibantu apa belum. Istri saya minta uang Rp 100 juta, istri saya bilang buat ucapan terima kasih,” kata Sutanto saat bersaksi untuk Irman di persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (13/12).

Dia kembali menegaskan, pemberian itu dilakukan karena Irman sudah membantunya mendapatkan 1.000 ton dari 3.000 ton gula yang diminga. ”Karena Pak Irman sudah bantu saya untuk dapat gula 1.000 ton,” ujar Sutanto.

Sutanto juga mengatakan bahwa dia pernah dinasihati Irman agar tidak minder karena tersandung masalah. Apalagi Sutanto saat itu sudah ditetapkan sebagai tersangka penjualan gula impor tanpa Standar Nasional Indonesia (SNI). ”Pak Irman menasihati saya supaya tidak minder,” ujar Sutanto di hadapan majelis hakim.

Sutanto juga mengungkapkan, Irman pernah menjanjikan akan membicarakan permasalahan hukum yang menjeratnya dengan Kepala Kejati Sumbar Widodo Supriyadi. Bahkan, Irman juga akan membantu perkara Sutanto di Medan, Sumatera Utara.

”Masalah dengan Kejaksaan Tinggi Sumbar, Pak Irman akan bicarakan dengan Kajati. Sedangkan untuk perkara di Medan, Pak Irman akan bantu juga,” ujar Sutanto kepada majelis hakim.

Irman didakwa menerima suap Rp 100 juta dari Sutanto dan Memi sebagai hadiah atas alokasi pembelian gula oleh CV Semesta Berjaya yang diimpor Perum Bulog untuk disalurkan ke Sumbar 2016. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Inilah 12 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Diminati Wisatawan

Murtaza Ahmadi Akhirnya Bertemu Sang Idola