in

Syukuri dan Nikmati Pensiun

Aqua Dwipayana
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional

“Selamat menjadi orang bebas merdeka. Atasan satu-satunya hanya TUHAN.”

Saya selalu mengucapkan kalimat di atas kepada teman-teman yang baru pensiun. Sekaligus menghibur mereka agar semangat menjalaninya.

Kepada mereka yang baru pensiun, saya sampaikan agar mensyukurinya. Setelah bekerja sekian lama bahkan mencapai puluhan tahun sebagai karyawan.

Selain itu agar menikmatinya. Mengisi waktu yang ada dengan melaksanakan berbagai kegiatan produktif yang bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain.

Pensiun sangat menyenangkan. Bukan sebaliknya. Untuk itu bersyukur dan bahagialah mereka yang mengalaminya. Setelah merasakan rutinitas bekerja sebagai pegawai dalam periode yang cukup lama.

Tetap Produktif
Hilangkan berbagai kekhawatiran yang tidak beralasan. Antara lain takut tidak dihargai orang, bakal jatuh miskin karena penghasilannya berkurang atau tidak ada sama sekali, menganggur, dan lainnya.

Saya telah membuktikan sendiri. Sekitar 17 tahun berhenti jadi karyawan alias pensiun dini, sampai sekarang tetap produktif. Bahkan dari berbagai aspek kehidupan jauh lebih baik dibandingkan saat masih bekerja sebagai pegawai.

Semuanya tergantung pada setiap individu yang menjalaninya. Untuk itu selalulah berpikir positif agar seluruh kekhawatiran yang sempat muncul dalam diri bisa dihilangkan dan sampai kapan pun tidak pernah terjadi.

Selain itu dengan penuh rasa syukur dan sukacita menjalani pensiun. Menikmati atasan satu-satunya hanya Tuhan. Merupakan atasan terbaik di muka bumi ini.

Semoga saat pensiun kualitas kehidupan semua orang jauh lebih baik dibandingkan saat masih jadi karyawan. Aamiin ya robbal aalamiin.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Promo Akhir Tahun, Diskon Hingga 50% Produk XL Axiata

Raih Tiga Penghargaan KPID, Padang FM Syukuran bersama Mitra dan Majelis Taklim