in

Tablig Akbar UAS, Akses Jalan Ditutup

KOORDINASI: Polres Solok Selatan menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk kelancaran tablig akbar UAS di RTH Padangaro,
Jumat (26/5).(IST)

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar tablig akbar menghadirkan Ustad Abdul Somad (UAS). Tablig akbar ini akan dilaksanakan di RTH Solok Selatan Padangaro, Jumat malam (25/5).

Untuk kelancaran acara, akses jalan pusat Kabupaten Solsel akan ditutup Jumat sekitar pukul 15.00 hingga acara tablig akbar UAS selesai.

“Kita perkirakan massa yang akan datang sekitar 10 ribu. Maka jalan nasional dan provinsi dialihkan ke jalur alternatif,” ujar Waka Polres Solok Selatan Kompol Efdar Roza, kemarin.
Massa yang akan datang tidak hanya dari Solok Selatan saja, tapi juga dari kabupaten tetangga seperti Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok.

Polisi bersama tim berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pengamanan acara tersebut. Berbagai skema sudah disiapkan, mulai dari lalu lintas, pengamanan lokasi, hingga pengamanan dari tamu yang akan hadir.

“Sebanyak 250 personel kita terjunkan, dibantu dari Brimob, TNI, Satpol PP/Damkar, Dinas Perhubungan. Setidaknya akan ada 500 personel yang siap untuk memastikan di sejumlah titik acara tersebut hingga berjalan aman dan lancar,” terangnya.

Dia menyebut, untuk sistem rekayasanya yakni lalu lintas dari arah Kerinci menuju Padang akan dialihkan ke Bangunrejo dan keluar di Kantor Bupati Solok Selatan. Sedangkan dari arah Lubukgadang akan dialihkan ke Pasarbaru Padangaro dan keluar di persimpangan dekat SMP N 3 Solok Selatan.

“Sepeda motor dan mobil tidak bisa melewati lokasi titik parkir kendaraan dan titik lokasi acara,” tegasnya. Selain itu, Polres juga sudah menyediakan kantong-kantong parkir bagi masyarakat yang akan datang. Penyediaan kantong parkir ini bekerja sama dengan Kecamatan Sangir dan nagari yang ada di sekitarnya.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan Khairunas berharap tablig akbar ini bisa berlangsung lancar dan sukses. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama seluruh pihak, mulai dari persiapan acara hingga pengamanannya. Jangan sampai masyarakat yang datang tidak puas dan tidak nyaman dengan acara yang disuguhkan.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan dukungannya, salah satunya kepolisian. Dengan kolaborasi ini, insya Allah kegiatan ini bisa dilaksanakan secara maksimal,” kata Khairunas saat melakukan peninjauan lokasi acara di RTH Solok Selatan.

Kegiatan tablig akbar ini ditujukan untuk memboyong adanya wisata religi di Solok Selatan, sekaligus memperkenalkan daerah ini kepada masyarakat luas. Selain itu juga untuk menghidupkan UMKM yang ada di Solok Selatan, terutama binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM serta yang berlokasi di sekitar venue acara.

Para UMKM ini nantinya akan diberikan lokasi khusus untuk menjajakan barangnya selama acara berlangsung. “Ini dalam rangka memperingati dua tahun kepemimpinan kami sebagai bupati bersama Wakil Bupati Yulian Efi. Jadi semua harus berjalan dengan aman dan lancar. Semua sudah kita siapkan bersama instasi vertikal seperti Polri, Brimob dan TNI,” kata Bupati Khairunas. (tno)

What do you think?

Written by Julliana Elora

3 Sapi Diusulkan Jadi Hewan Kurban Presiden

Kemensos Gelar Senam Lansia Ramaikan Hari Lanjut Usia 2023 di Dharmasraya