in

Tabungan Utsman Dilanjutkan Tahun Depan

ARAHAN: Wako Erman Safar saat Musrenbang RKPD Pemko Bukittinggi, Senin (13/3).(IST)

Program Tabungan Utsman yang digulirkan Pemko Bukittinggi bakal dilanjutkan tahun depan. Program pembiayaan dan pinjaman tanpa bunga ini sudah masuk dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2024.

“Tahun 2024 nanti, kita akan tetap lanjutkan program bantuan sosial, Tabungan Utsman, uang komite, jaminan kesehatan, satu rumah satu sarjana, rumah tahfiz, muatan lokal dan program keislaman,” kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, kemarin.

Menurutnya, sejumlah program unggulan tersebut sudah menunjukkan capaian yang memuaskan dari tahun ke tahun. Beberapa rencana lainnya pada 2024 masih berkaitan dengan wisata terintegrasi, penataan kota, pembangunan ekonomi, ekosistem digital, pengembangan SDM, sosial ABS-SBK dan tata kelola pemerintahan.

Wakil Ketua DPRD Bukittinggi Nur Hasra menyebut, 2024 menjadi tahun keempat pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2021-2026. Menurutnya ini menjadi tahapan yang sangat krusial, karena itu harus lebih baik, sehingga visi dan misi kota dapat diwujudkan.

“DPRD memberikan saran dan pendapat berupa pokok pikiran DPRD atau penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan reses 25 orang pimpinan dan anggota DPRD atau penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan rencana pembangunan 2024,” ucapnya.

Pihaknya menilai pokok-pokok pikiran DPRD, merupakan masukan yang sangat penting dan berharga bagi Pemko Bukittinggi dalam menyusun perencanaan pembangunan 2024 yang akan tertuang dalam RKPD, KUA-PPAS dan APBD tahun anggaran 2024.

Kepala Bapelitbang Bukittinggi Herriman menjelaskan, proses penyusunan RKPD Kota Bukittinggi tahun 2024 telah diawali dengan pelaksanaan tahapan persiapan penyusunan RKPD yang ditandai dengan pelaksanaan Orientasi Penyusunan RKPD dan Renja SKPD pada 16 Januari tahun 2023 lalu.

Selanjutnya telah dilaksanakan juga Forum Konsultasi Publik terhadap rancangan awal RKPD Tahun 2024 pada 25 Januari 2023, kemudian pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan pada 26 Januari sampai 8 Februari 2023 dan Musrenbang tingkat kecamatan pada 13 sampai dengan 15 Februari 2023.

“Selanjutnya, dalam semangat membangun sinergitas serta sinkronisasi perencanaan pembangunan, tema RKPD Kota Bukittinggi untuk tahun 2024 adalah transformasi sektor ekonomi unggulan yang terintegrasi, inklusif dan berkelanjutan,” kata Herriman didampingi Sekretaris Robby Novaldi. (ptr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kementerian ATR Setujui Substansi Ranperbup RDTR Matur

Harga Rempah-Rempah Ikut Naik, Stok Menipis