in

Tahapan Siklus Daur Hidup Kuda dan Penjelasannya

Apa itu Kuda

Hewan memiliki kesmepatan untuk berkmbang biak termausk kuda. Kuda sendiri adalah hewan yang sudah sejak lama dipelihara oleh masyarakat untuk membantu berbagai kegiatan. Kuda memiliki tenaga yang besar dan lari yang kencang. Sebelum adanya kendaraan seperti mobil dan motor, maka kuda menjadi moda transportasi yang digunakan untuk berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lain.

Kuda memiliki banyak jenis dan masing masing dari kuda mempunyai karakter atau fisik berbeda. Ada tipe kuda yang tinggi dan gagah, namun ada juga tipe kuda mini yang dikenal dengan nama kuda poni. Masing masing dari mereka memiliki karakter yang berbeda. Kendati demikian, cara berkembang biaknya tetap sama, yaitu dengan cara melahirkan.

Mengenal Berbagai Ras Kuda

Sebelum cari tahu daur hidup kuda, anda harus mengenal rasa tahu jenis keturunan yang paling sering ditemukan. Ras pertama yang paling terkenal adalah Thoroughbred. Ras yang satu ini kerap digunakan dalam lomba pacu. Ukuran tubuhnya besar dengan tampilan gagah dan kuat. Kuda ini pun mempunyai tubuh yang ramping sehingga cocok untuk racing.

Selain Thoroughbred, kuda quarter horse juga masuk dalam ras yang tidak pernah sepi peminat. Kuda tersebut memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan 88,5 kilometer dalam waktu satu jam. Kecepatan tersebut dapat diraih dalam jarak 400 meter. Oleh karena itu, kuda jenis ini cocok untuk kejuaraan lompat atau perang.

Jenis ketiga yang tidak kalah menarik adalah Arabian Horse. Sesuai dengan namanya, ras ini paling banyak ditemukan di wilayah timur tengah. Tidak heran jika Daur Hidup Kuda  ini banyak dibantu oleh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Kuda ini dikenal atas energinya yang besar serta kecerdasannya yang tinggi sehingga mudah dilatih.

Rasanya tidak lengkap jika anda tidak mengenal jenis kuda keempat yaitu appaloosa. Kuda yang satu ini kerap digunakan untuk berburu karena memiliki ketangkasan dan daya tahan yang kuat. Tampilan dari Appaloosa sangat unik karena cukup compact dan kecil. Alasan inilah yang membuat mereka lebih sering dugunakan sebagai tunggangan anak kecil.

Siklus Hidup Kuda

1. Pembuahan kuda jantan dan betina

Proses reproduksi yang dilakukan antara kuda jantan dan betina menjadi tahapan penting sebelum terjadinya kehamilan pada kuda betina. Ada banyak faktor yang mempengaruhi proses daur hidup kuda yaitu lingkungan, fisiologi, genetik, psikososial dan hormonal. Faktor tersebut menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh breeder agar pembuahan berjalan dengan lancar.

2. Perkembangan janin kuda

Umur pubertas yang dimiliki oleh kuda adalah sekitar 15 sampai 18 bulan. Jika sudah memasuki tahapan ini, barulah kuda betina dapat hamil dan melahirkan keturunan. Sel sperma jantan dan sel telur betina akan berkembang menjadi zigot atau calon anak kuda. Pertumbuhan akan terus terjadi hingga akhirnya zigot siap untuk dilahirkan.

3. Kelahiran kuda

Setelah kuda berhasil dilahirkan, maka muncullah individu baru yang melanjutkan keturunan dari kedua orang tuanya. Kuda tersebut akan melalui fase pascaembrionik. Dalam tahapan ini, diperlukan pemantauan dan pemeriksaan. Langkah ini diambil untuk melihat apakah anak kuda terlahir dengan sempurna atau memiliki kecacatan tertentu. Dokter juga harus cek daur hidup kuda.

Jika ditemukan adanya kelainan, maka penanganan dapat segera dilakukan. Kuda akan tumbuh di bawah pengawasan orang tuanya. Langka ini merupakan langkah yang terbaik jika dibandingkan dengan perawatan yang dilakukan oleh manusia. Anak kuda perlu belajar bagaimana hidup sebagai kuda dari induknya langsung.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos:

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tahapan Siklus Daur Hidup Laba Laba dan Penjelasannya

Tahapan Siklus Daur Hidup Komodo dan Penjelasannya