in

Tahapan Siklus Daur Hidup Wortel dan Penjelasannya

Mengenal Tanaman Wortel Sebagai Sumber Vitamin A

Tanaman wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak zat nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayuran wortel memiliki warna orange yang menandakan wortel kaya akan sumber vitamin A. tumbuhan ini berasal dari negara timur tengah yang memiliki iklim sub-tropis. Tanaman wortel memiliki bentuk semak atau perdu yang bertumbuh tegak dengan ketinggian rata-rata mencapai 30 – 100 cm.

Umbi pada wortel biasanya dikonsumsi sebagai bahan tambahan pada masakan seperti masakan sup. Wortel merupakan bahan makanan yang banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan mata.

Klasifikasi Tanaman Wortel

  • Kingdom  : Plantae
  • Sub Kingdom  : Tracheobionta
  • Super Divisi  : Spermatophyta
  • Divisi  : Magnoliophyta
  • Kelas  : Magnoliopsida
  • Sub Kelas  : Rosidae
  • Ordo  : Apiales
  • Famili  : Apiaceae
  • Genus  : Daucus
  • Spesies  : Daucus Carota L

Cara Berkembang Biak Tumbuhan Wortel

Wortel adalah salah satu tumbuhan yang termasuk ke dalam tumbuhan biennial, yaitu memiliki siklus hidup 12 bulan sampai dengan 24 bulan atau 2 tahunan. Artinya, tumbuhan ini membutuhkan waktu sekitar dua tahun dari tumbuh benih sampai dengan mati. Tumbuhan wortel pertama akan mengalami pertumbuhan mulai dari benih kemudian akan berkembang menjadi tumbuhan wortel dewasa.

1. Daur Hidup Wortel Secara Generatif

Wortel merupakan tumbuhan yang dapat berkembang biak secara vegetatif dan generatif. Pada perkembangbiakan  wortel secara generatif, wortel yang tumbuh pada iklim subtropis akan berbunga, bunga tersebut berukuran kecil dengan warna putih. Bunga tersebut tumbuh nantinya akan tumbuh dan memiliki dua biji.

Sebelum wortel menghasilkan dua buah biji, wortel akan melakukan penyerbukan pada bunganya. Penyerbukan ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, secara mandiri atau secara silang. Kemudian, biji yang dihasilkan tersebut akan tersebar dengan sendirinya menjadi tanaman wortel baru. Adapun fase perkembang biakan generatf ini adalah mulai dari biji, wortel muda dan wortel dewasa.

2. Perkembang Biakan Secara Vegetatif

Seperti yang dijelaskan diatas, wortel dapat melakukan perembang biakan secara generatif dan vegetatif. Cara perkembang biakan secara vegetatif pada wortel adalah dengan cara menumbuhkan umbi atau tunas baru langsung dari akarnya.

Perkembang biakan vegetatif ini tanpa adanya suatu proses penyerbukan bunga. Setelah wortel menumbuhkan umbi baru, yang kemudian umbi tersebut akan berkembang menjadi berukuran besar yang didalamnya menyimpan cadangan makanan,

Kondisi dan Iklim Yang Cocok Untuk Wortel

1. Pada Dataran Tinggi

Kebanyakan tanaman wortel di Indonesia dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1.000 – 1.200 m dpl. Tetapi, tanaman ini dapat tumbuh juga di daerah dataran medium yang memiliki ketinggian lebih 500 m dpl.

2. Iklim dan Cuaca Yang Sejuk dan Lembab

Tanaman wortel dapat tumbuh dengan baik di cuaca dingin yang memiliki kelembaban tertentu. Meskipun wortel dapat tumbuh sepanjang tahun, namun tumbuhan ini harus ditanam didaerah yang dingin seperti dataran tinggi. Wortel tumbuh dengan baik diantara suhu antara 15 celcius – 21 celcius.

3. Jenis Tanah

Tanaman ini dapat tumbuh dengan optimal pada keadaan tanah yang gembur dan subur, dan mengandung bahan organik seperti humus dan memiliki udara dan aliran air yang baik. Umumnya tanah jenis andosol ini terdapat pada daerah dataran tinggi.

Tanaman wortel juga membutuhkan keasaman tanah sekitar 5,5 – 6,5 pH. Jika keasaman tanah kurang dari nilai tersebut maka tanaman wortel tidak dapat tumbuh secara optimal atau dengan kata lain tidak dapat membentuk ubi.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos:

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pertemuan Bilateral Presiden RI dengan Presiden Republik Sosialis Vietnam, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 22 Desember 2022

Tahapan Siklus Daur Hidup Walang dan Penjelasannya