in

Tanda Bahaya pada Kehamilan Muda

Mengenal dan mendeteksi dini bahaya yang terjadi pada ibu hamil dengan usia kehamilan di bawah 20 minggu atau 5 bulan

Deteksi dini resiko kehamilan adalah usaha  menemukan seawal mungkin adanya kelainan pada ibu hamil. Deteksi dini ini sering dilakukan pada pelayanan kesehatan ibu hamil (antenatal) yang akan mengarah pada penemuan ibu hamil beresiko agar dapat ditangani secara memadai sehingga kesakitan ataupun kematian dapat ditangani sedini mungkin.

Tanda dini bahaya atau komplikasi pada ibu hamil salah satunya terjadi pada kehamilan muda (usia kehamilan dibawah 20 minggu atau 5 bulan). Berikut tanda bahaya yang terjadi pada kehamilan muda :

1. Hiperemesis Gravidarum

1. Hiperemesis (Mual Muntah Berlebihan)
Hiperemesis atau disebut mual muntah berlebihan adalah suatu kondisi yang sangat mengganggu ibu hamil pada usia kehamilan di bawah 16 minggu. Dimana ibu hamil akan mengalami mual muntah lebih dari 10 X dalam waktu 24 jam atau setiap saat, sehingga mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari.2. Perdarahan pada Awal Kehamilan
Sekitar 15% wanita mengalami perdarahan pada awal kehamilan. Ini dapat disebabkan oleh berbagai peristiwa seperti perdarahan implantasi (saat sel telur yang telah dibuahi tertanam di lapisan uterus), perdarahan desidua (perdarahan terjadi pada saat periode menstruasi terjadi sebelum kantong gestasi yang membesar), penyebab lainnya (keguguran (abortus), kehamilan di luar kandungan, kehamilan anggur).

3. Infeksi

Infeksi lazim terjadi pada awal kehamilan yang meliputi infeksi virus (influenza, parotitis, varisella, zooster, rubella, enterovirus, parfovirus, rubella, sitomegalovirus), infeksi bakteri (salmonella, streptokokus grup A dan B, listeriosis, shigella, Mourbus Hansen), infeksi protozoa (jamur, Toksoplasmosis, Amubiasis)

4. Hipertensi

Hipertensi sering terjadi pada awal kehamilan yang ditandai dengan pusing, bengkak pada kaki, tangan, dan muka, tekanan darah pada pemeriksaan di atas 120/80 mmHg, serta adanya ditemui protein pada pemeriksaan urin/kencing.

Artikel ini di tulis oleh Siska Purba kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

loading…

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kenaikan Harga Beras Picu Inflasi

Ingin Hubungan Tetap Harmonis? Ini Caranya