in

Teknologi Kalender untuk Tingkatkan Produktivitas Nelayan

YOGYAKARTA – Mahasiswa Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan teknologi kalender pintar berbasis sistem informasi geografi agar nelayan bisa mengetahui lokasi ikan terbanyak sesuai kalender. Para nelayan berani mengambil risiko, namun teknologi yang digunakan masih sangat sederhana, mengandalkan feeling.

“Kalender pintar nelayan berbasis sistem informasi geografi ini bisa meningkatkan produktivitas nelayan,” kata Cahyadi Ramadhan mewakili kelompoknya yang terdiri dari Miftakhul Munir, Najmah Munawaroh, dan Aji Dwi Pratama, di Kampus UGM, Yogyakarta, kemarin.

Menurut Cahyadi, kalender pintar nelayan itu lahir dari Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat UGM dengan dosen pembimbing Nur Mohammad Farda. Nelayan Pantai Depok, yang didampingi untuk mencoba teknologi mereka.

Pantai Depok menjadi ikon wisata kuliner ikan laut di Yogyakarta. Pantai Depok, menurut Cahyadi, memiliki potensi ikan yang sangat besar bila dibandingkan dengan pantai lainnya di Kabupaten Bantul. Namun penghasilan nelayan menjadi kurang optimal karena nelayan hanya menggunakan peralatan yang sederhana. YK/N-3

What do you think?

Written by virgo

Trisakti

Ini Surat Terbuka Alto, WNI Pekerja Kemanusiaan di Mosul Irak untuk Pemerintah Jokowi