in

The Aceh Institute Bersama KIP Aceh Launching Film Pilkada Aceh Damai 2017

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Salah satu solusi preventif yang dapat dilakukan untuk menangani kualitas Pilkada yang buruk karena banyaknya pelanggaran, ketidak sesuaian prosedur, dan rendahnya jumlah pemilih yang memberikan hak pilih pada pemilu atau Pilkada adalah dengan melakukan publikasi yang masif kepada masyarakat.Publikasi yang bersifat mendidik masyarakat tentang pentingnya Pilkada, memberi pemahaman kepada masyarakat tentang esensi dari pilkada dan hubungannya dengan kesejahteraan mereka.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, The Aceh Institute (AI) dalam upaya mendukung kerja-kerja Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Panwaslih hari ini Jum’at, (10/2/2017) bertempat di Media center KIP Aceh, Banda Aceh mengadakan launching Film pendek produksi AI bekerjasama dengan KIP Aceh dan Panwaslih Aceh yang mengangkat tema “Aku Memilih Dengan Hati”.

Direktur Eksekutif The Aceh Institute DR. Fajran Zain, MA mengatakan film yang di launching hari ini merupakan produksi langsung AI bekerja sama dengan KIP Aceh dan Panwaslih Aceh terkait ide – ide, selain itu AI juga menyelenggarakan lomba pembuatan film pendek bertema Pilkada Aceh 2017. 

“Film yang kita launching hari ini produksi langsung AI, selain itu kami juga mengadakan lomba pembuatan film pendek. Sampai saat ini lomba telah diikuti oleh 11 klub/kelompok pembuat film dari seluruh Aceh. Dari lomba film ini juga, proses pendidikan pemilih terjadi karena salah satu kriteria penilaian adalah pada berapa banyak view, like, dan comments yang diperoleh oleh peserta lomba yang telah mempublish karya mereka ke youtube. Berdasarkan pantauan Aceh institute, film-film tersebut telah ditonton oleh ribuan penonton di sosial media,” Ungkap pria yang juga akademisi UIN Ar Raniry Banda tersebut. 

Lebih lanjut menurut Fajran, film yang berdurasi 30 menit ini sudah di cetak sebanyak 1000 keping. Demikian juga film dari hasil lomba 1000 keping sehingga total 2000 keping.

Selain launching, pada saat yang sama juga dilakukan seremonial serah terima hasil produksi filem dalam bentuk Vcd dari Direktur Eksekutif AI Fajran Zain kepada wakil KIP Aceh Basri M. Sabi yang disaksikan oleh komisioner KIP Aceh Roby Saputra dan sekretaris KIP Darmansyah. Film  yang dilengkapi subtitle bahasa Inggris tersebut selanjutnya akan di teruskan ke KIP Kabupaten kota.

Sementara itu wakil ketua KIP Aceh Basri M Sabi dihadapan Direktur Eksekutif AI dan sejumlah media yang hadir menyampaikan Apresiasi kepada Aceh Institute.

” Kami dari KIP Aceh mengucapkan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Aceh Institute dan tim karena melalui film ini kita bisa meningkatkan kualitas pilkada Aceh, terutama bagi pemilih pemula dan disabilitas,” ujar Basri M Sabi kepada media.

Setelah menonton filem tersebut dan melihat kualitasnya. Pihak KIP Aceh Pada kesempatan yang sama juga meminta kesediaan Aceh Institute agar film yang diproduksi tersebut bisa diadopsi oleh KIP Aceh untuk menjadi bahan sosialisasi official/resmi di kalangan KIP sebagai penyelenggara pemilu.[]

Komentar

What do you think?

Written by virgo

Ini Lokasi Layanan E-KTP Mobile Besok

5 Pasangan Artis Yang Suka Pamer Kemesraan Setelah Jadi Pengantin Baru