in

Thierry Henry hingga Jin BTS, ini profil pembawa api obor Olimpiade Paris 2024

Jakarta (ANTARA) – Pelatih sepak bola Arsene Wenger dan Thierry Henry serta Jin BTS dan Halle Berry merupakan beberapa tokoh yang membawa api obor Olimpiade 2024 secara estafet di sejumlah ruas jalan di Kota Paris, Prancis.

Estafet obor Olimpiade Paris 2024 dimulai pada 8 Mei di Marseille, Prancis Selatan, dan telah berlangsung selama lebih dari dua bulan. Pawai estafet api obor akan mengawali upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang digelar di Sungai Seine, Paris pada 26 Juli 2024.

Sejumlah tokoh terkenal, seperti mantan pesepakbola, seniman, dan atlet, turut berpartisipasi dalam membawa api Olimpiade ke provinsi-provinsi di Prancis. Berikut beberapa tokohnya:

1. Arsene Wenger

Mantan juru taktik legendaris Arsenal diberi kehormatan untuk membawa obor di kota kelahirannya, Strasbourg, menjelang Olimpiade Musim Panas Paris 2024.

Setelah berkarier sebagai pemain bertahan di klub kota tersebut dari tahun 1963 hingga 1981, ia kemudian menjalani karier kepelatihan yang sukses bersama Arsenal. Arsene Wenger bersama The Gunners memegang rekor invicible yakni tak terkalahkan di Liga Inggris pada periode Mei 2003 hingga Oktober 2004.

2. Jin BTS

Jin BTS anggota dari grup boyband Korea Selatan BTS berpartisipasi dalam pawai obor Olimpiade Musim Panas Paris 2024. Pria bernama asli Kim Seok-jin itu memimpin estafet obor Olimpiade di Museum Louvre, Paris.

Jin BTS membawa obor sebagai simbol persatuan internasional dan kekuatan musik dalam menyatukan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Kemungkinan besar keterlibatannya dalam estafet obor ini dari popularitas global BTS dan pesan-pesan positif yang disampaikan melalui lagu-lagu mereka.

3. Halle Berry

Halle Berry berpartisipasi dalam membawa api Olimpiade menyusuri Croisette di Cannes, Prancis, menjelang pembukaan Olimpiade Paris 2024. Halle menyalakan obor sambil berdiri di tangga karpet merah Palais des Festivals yang terkenal dan bergabung dengan Thierry Fremaux, direktur Festival Film Cannes.

Halle Maria Berry lahir di Cleveland, Ohio. Halle merupakan seorang aktris film Amerika yang dikenal karena perannya dalam Catwoman, Monster’s Ball, X-Men dan sekuelnya. Halle Berry menjadi wanita Afrika-Amerika pertama yang memenangkan Academy Award sebagai Aktris Terbaik untuk perannya sebagai ibu yang sedang berduka dalam drama Monster’s Ball (2002).

4. Thierry Henry
​​​​​​​

Thierry Daniel Henry turut berpartisipasi dalam obor Olimpiade Paris 2024. Thierry Henry yang mengawali kirab di Avenue des Champs-Elysées, Paris. Thierry Daniel Henry merupakan legenda sepak bola dan pelatih tim sepak bola U-23 Prancis untuk Olimpiade. Thierry Henry mengambil Obor Olimpiade dari kotak yang didesain oleh Louis Vuitton untuk memulai kirab.

5. Nicolas Batum
​​​​​​​

Pemain bola basket asal Prancis, Nicolas Batum hadir berpartisipasi dalam obor Olimpiade Paris 2024 di Paris. Nicolas Batum merupakan pemain profesional basket untuk klub Los Angeles Clippers di NBA. Nicholas Batum merupakan anggota tim nasional Prancis dan peraih medali perak di Tokyo 2020 dan peringkat ke-6 di London 2012 dan Rio 2016.

Baca juga: Atlet Indonesia yang pernah bawa obor Olimpiade 

Baca juga: Sejarah “api abadi” obor Olimpiade

Baca juga: Jadwal angkat besi di Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tokoh yang pernah menyalakan api Olimpiade di stadion 

Meiska ajak pendengar cintai diri sendiri lewat album Hanya Figuran