in

Tiga Keuntungan menggunakan Teknik Quota Sampling, 100% Lebih Mudah

Hai para pejuang skripsi, apa kabarmu? Semoga selalu semangat dan bahagia ya. Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan teknik pengambilan sampel. Setiap penelitian memerlukan sampel sebagai objek penelitian jika populasi penelitian berjumlah banyak, bahkan tak terhingga (infiniti). Sampel juga sangat membantu peneliti agar lebih hemat waktu dan biaya. 

Ada berbagai macam teknik pengambilan sampel, namun kali ini saya akan mengajak kalian untuk lebih mendalami salah satunya terlebih dahulu yaitu teknik quota sampling. Teknik ini biasa digunakan untuk penelitian yang mempunyai populasi tidak terhingga atau tidak diketahui. Lalu, apa saja keuntungan/kemudahan yang didapatkan peneliti apabila menggunakan teknik ini ?

1. Peneliti bisa menentukan sendiri jumlah sampel penelitiannya

    Teknik pengambilan sampel ini memungkinkan peneliti untuk menentukan sendiri jumlah sampelnya. Jumlah sampel dapat ditentukan peneliti karena teknik ini hanya boleh digunakan untuk penelitian yang mempunyai populasi yang tidak diketahui. Semisal, peneliti melakukan sebuah penelitian dengan variabel berupa pengamen yang berusia 10-20 tahun berdasarkan jenis kelamin. 

    Peneliti dapat menentukan  sampel pengamen berusia 10-20 tahun berjumlah 30 jiwa dengan rincian 15 laki-laki dan 15 perempuan. Penggunaan teknik sampel ini akan lebih mudah lagi apabila variabel yang digunakan mempunyai kriteria yang padat dan jelas.

    2. Peneliti bisa menekan biaya penelitian

      Jumlah sampel yang dapat ditentukan oleh peneliti secara langsung berdampak pada biaya penelitian. Peneliti bisa menekan biaya penelitian karena jumlah sampel yang ia tentukan sendiri tanpa mengurangi kualitas penelitian. Biaya yang semula dianggarkan untuk transport dalam rangka mencari responden dapat ditekan dan mungkin saja dapat digunakan untuk keperluan yang lain. Namun, perlu diingat jangan sampai peneliti justru fokus untuk menekan biaya penelitian tanpa menghiraukan kualitas penelitian. Hal ini tentu juga tidak baik dan kerugian justru akan lebih besar ketika sidang nanti.

      3. Peneliti bisa menghemat waktu

        Selain menekan biaya penelitian, penggunaan teknik sampel berjatah (teknik quota sampling) ini juga dapat menghemat waktu. Sampel yang telah ditentukan oleh peneliti pastinya akan mengurangi waktu penelitian di lapangan sehingga proses analisis data dapat dilakukan sesegera mungkin. Secara tidak langsung peneliti dapat fokus pada bagian analisis data sehingga hasil penelitian yang didapatkan benar-benar maksimal.

        Nah, itu tadi tiga keuntungan yang didapatkan menggunakan teknik pengambilan sampel kuota. Bagaimana, semoga jelas ya, dan untuk kalian yang masih bingung mau menggunakan teknik pengambilan sampel karena jumlah populasi yang tidak diketahui bisa menggunakan teknik ini. Akhir kata semangat untuk para pejuang skripsi, terus berjuang dan jangan pernah menyerah. Skripsi bukan bencana yang harus ditakuti namun dihadapi.

        Tags: Teknik Sampling, Teknik Pengambilan Sampel, Pejuang Skripsi, Skripsi, Penelitian

        Loading…

        What do you think?

        Written by Julliana Elora

        Akhirnya Cut Mini Mantap Berhijab

        5 Definisi Geografi Menurut Para Ahli yang WAJIB DIKETAHUI